Minggu, 15 Januari 2012


 





KORPS SUKARELA

Korps Sukarela (KSR) adalah kesatuan di dalam perhimpunan PMI, yang merupakan wadah kegiatan atau wadah pengabdian bagi Anggota perhimpunan PMI KSR

Hak :
1.   Memperoleh/ mendapat kesempatan untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan guna mengembangkan pengetahuan, sikap dan keterampilan
2.   Mendapatkan kesempatan mengembangkan pengabdian di dalam perhimpunan PMI, baik di dalam kepengurusan maupun di dalam kegiatan operasional.
3.      Berhak menggunakan atribut sesuai dengan ketentuan
4.      Memberikan usul, saran dan pendapat sesuai jenjang organisasi demi kemajuan perhimpunan PMI.
5.      Dilibatkan dalam pengambilan keputusan PMI
6.      Memperoleh Asuransi dan perlindungan hukum dalam pelaksanan tugas Kepalangmerahan
7.   Memperoleh tanda penghargaan, tanda kehormatan dari PMI, dari pemerintah maupun dari lembaga Nasional dan Internasional sesuai dengan ketentuan.
8.      Menggunakan fasilitas KSR PMI sesuai dengan ketentuan yang berlaku
9.      Mendapat Kartu Tanda Anggota PMI
10.  Mengikuti kegiatan kepalangmerahan di dalam maupun di luar kesatuan atau unit yang bersangkutan.

Kewajiban :
1.      Setiap anggota KSR PMI wajib menjaga dan meningkatkan kualitas kesatuannya.
2.      Setiap anggota KSR wajib meningkatkan kesiapsiagaan dengan mengikuti :
a.       Kegiatan Pembinaan
b.      Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT)
c.       Kegiatan Gladi
d.      Kegiatan Operasional
3.      Tunduk, taat dan patuh pada peraturan – peraturan kesatuan KSR PMI serta peraturan – peraturan yang berlaku di jajaran PMI.
4.      Setiap Anggota KSR PMI wajib membayar iuran anggota (lihat ketentuan mengenai iuran anggota PMI pada pedoman keanggotaan PMI yang dikeluarkan Pengurus Pusat PMI)


Syarat Keanggotaan :
Syarat menjadi anggota KSR adalah sbb :
1.      WNI bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2.      Berumur minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun, Pendidikan serendah-rendahnya tamat SLTP atau sederajat, bagi anggota KSR PMI Perguruan Tinggi masih berstatus sebagai mahasiswa di Perguruan Tinggi yang bersangkutan.
3.      Berkelakuan baik dan tidak terlibat organisasi terlarang
4.      Menghayati dan mengamalkan Prinsip-prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional
5.      Atas kesadaran sendiri dan sukarela bersedia mendaftarkan diri sebagai anggota KSR PMI
6.      Bersedia mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) KSR PMI
7.      Bersedia mentaati peraturan yang berlaku dengan menandatangani surat pernyataan.
8.      Bersedia menandatangani surat pernyataan pengabdian di PMI minimal 3 tahun
  

Pengesahan Anggota :
1.      Pengesahan keanggotaan dilaksanakan dengan pelantikan
2.      Pelantikan anggota KSR PMI dilakukan oleh Pengurus PMI Cabang atau Pembina KSR PMI.
  

Keanggotaan KSR PMI berakhir karena :
1.      Meninggal dunia
2.      Mengundurkan diri atau minta berhenti
3.      Diberhentikan karena telah melanggar ketentuan-ketentuan yang berlaku di PMI dan pelanggaran hukum yang berlaku di Negara Indonesia
4.      Melewati batas usia maksimum yang telah ditentukan (35 tahun)


Perpindahan Anggota KSR PMI
1.      Perpindahan anggota KSR PMI Unit dari satu cabang ke cabang yang lain harus membawa rekomendasi dari Pengurus KSR PMI Unit yang lama dan Pengurus Cabang PMI yang lama kemudian melapor ke PMI Cabang dan Unit KSR yang baru.
2.      Perpindahan anggota KSR PMI dari satu unit ke unit yang lain dalam satu cabang harus membawa rekomendasi dari Pengurus KSR Unit yang lama dan diketahui oleh Pengurus Cabang

Pelatihan KSR PMI harus diarahkan pada upaya peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan teknis pelayanan kepalangmerahan.


Macam Pelatihan
a.      Diklat KSR Dasar
1)      Pendidikan dan Latihan diadakan sesuai program kebutuhan Pengurus Cabang dan Unit.
2)      Tiap jam pelajaran berlangsung selama 45 menit, dengan jumlah jam pelajaran 120 jam (120 x 45’ JPL) termasuk perkenalan, penyusunan norma dan harapan serta evaluasi, atau 12 hari efektif jika dilaksanakan terus-menerus ( jika rata – rata dalam sehari berlangsung 10 Jam ).
3)      Untuk mencapai jumlah kurikulum 120 jam tersebut, PMI Cabang dan Unit KSR dapat melakukannya dengan sistim bertahap, menyesuaikan dengan ketersediaan waktu, kemampuan personil, ketersediaan perlengkapan dan dana.
4)      PMI Cabang hanya memberikan sertifikat dan Kartu Tanda Anggota (KTA) KSR PMI kepada yang telah mengikuti keseluruhan paket Diklat Dasar sesuai kurikulum.
5)      Tempat dan waktu ditentukan oleh Pengurus Cabang atau ditentukan bersama – sama dengan Pengurus Unit KSR, lembaga , instansi atau badan swasta yang membutuhkan.
6)      Standarisasi kurikulum pelatihan, dapat dilihat pada Modul dan Manual Pelatihan KSR terbitan Markas Pusat PMI tahun 2007


b.      Diklat KSR Spesialisasi
1)      Diklat KSR spesialisasi dapat diikuti sesuai bakat, minat dan kemampuan anggota KSR.
2)      Untuk mengikuti pelatihan spesialisasi, maka seorang anggota KSR wajib mengikuti beberapa kegiatan / penugasan PMI serta tercatat aktif dalam menunjang program kegiatan PMI selama minimal 1 tahun.
3)      Standarisasi kurikulum pelatihan KSR, dapat dilihat pada Modul dan Manual Pelatihan KSR terbitan Markas Pusat PMI tahun 2007.
   

Materi Pelatihan
a.     KSR Dasar :
1)      Gerakan dan HPI
2)      Organisasi PMI
3)      Kepemimpinan
4)      Pertolongan Pertama (PP)
5)      Perawatan Keluarga (PK)
6)      Kesja ( Metode PRS )
7)      Manajemen Penanggulangan Bencana
8)      Asessment
9)      Pengantar Community Based
10)  Dapur Umum (DU)
11)  Penampungan sementara
12)  Logistik dan distribusi
13)  TMS/ Restoring Family Link (RFL)
14)  Water and sanitation (Watsan)
15)  Simulasi
16)  Bina Suasana

b.      KSR Spesialisasi:
1)      Pertolongan Pertama (PP)
2)      Perawatan Keluarga (PK)
3)      Kesehatan Remaja ( PRS )
4)      Psicosocial Support Program (PSP)
5)      TMS/Restoring Family Link (RFL)
6)      Water and Sanitation (Watsan)
7)      Assesment
8)      Logistik dan distribusi
9)      Komunikasi
10)  Pengungsian
11)  SAR
12)  Dlsb sesuai kompetensi yang dapat menunjang pelayanan PMI.


Metode Pelatihan
Metode yang dipakai dalam Pendidikan dan Latihan (Diklat) KSR Dasar maupun Spesialisasi ialah metode partisipatif dengan bentuk antara lain :
a.       Ceramah dan tanya jawab
b.      Brainstorming
c.       Studi kasus
d.      Role play
e.       Diskusi
f.        Praktek
g.       Outbound
h.       Penugasan
i.         Presentasi
j.        Simulasi lapangan


Media Pelatihan
a.       Non projected aids (materi pelatihan) : paket diklat, buku , brosur, gambar dan lain – lain
b.      Projected visual aids (media visual) : OHP, film, slide, dan lain – lain
c.       Audio aids (media audio) : radio, tape recorder, dll
d.      Perlengkapan pelatihan untuk materi teknis ( PP, PK, DU, tenda, PRS, dan lain–lain ).


Sertifikasi
a.       Calon KSR PMI yang telah lulus dalam kegiatan Pendidikan dan Pelatihan KSR Dasar berhak mendapatkan sertifikat dari PMI Cabang.
b.      Anggota KSR PMI yang telah lulus dalam kegiatan Pendidikan dan Pelatihan KSR Spesialisasi berhak mendapatkan sertifikat spesialisasi dari PMI Cabang/Daerah/ Pusat (disesuaikan dengan tingkatan pelaksana pelatihan)


Tanda Spesialisasi
  1. Tanda Spesialisasi diberikan setelah mengikuti pelatihan Spesialisasi dan dinyatakan lulus.
  2. Bentuk Tanda Spesialisasi adalah PIN dan diberikan sesuai spesialisasi yang ditempuh oleh seorang anggota KSR PMI.
  

PenyegaranMateri
  1. Refreshing/ penyegaran materi diperlukan sebagai upaya untuk mengingatkan atau menyegarkan kembali materi pelatihan yang telah diperoleh dan menambah materi yang mengalami pengembangan terbaru.
  2. Refreshing/ penyegaran materi dilaksanakan minimal 3 - 6 bulan sekali dan dapat dilaksanakan oleh Unit KSR, PMI Cabang, Daerah, Pusat maupun Instansi terkait
  3. Refreshing/ penyegaran materi dapat dilaksanakan dalam bentuk pertemuan/ latihan rutin, latihan bersama/ latihan gabungan, diskusi, seminar, temu relawan, dll.
  4. SYLABUS KSR DASAR

    1. Materi Gerakan dan HPI
    Pokok Bahasan
    Sub Pokok Bahasan
    Tujuan Pembelajaran
    Metodologi
    Alokasi Waktu
    Media
    Sumber Belajar / Referensi
    Gerakan Palang Merah & Bulan Sabit Merah Internasional
    ·        Sejarah Gerakan Palang Merah & Bulan Sabit Merah Internasional
    ·        Komponen Gerakan

    ·        Mengetahui dan dapat menjelaskan sejarah berdirinya Gerakan dan mengetahui para tokoh pendiri Gerakan
    ·     Mengetahui tentang komponen Gerakan, peran dan mandat masing - masing komponen Gerakan

    Ceramah Curah pendapat Diskusi kelompok
    2 x 45’

    LCD/OHP Flipchart Board Bahan presentasi
    Buku Panduan Diseminasi 1 & 2
    Lambang

    ·      Sejarah lambang Palang Merah & Bulan Sabit Merah
    ·      Fungsi penggunaan lambing
    ·      Penyalahgunaan lambang


    ·     Mengetahui dan memahami sejarah dan asal usul lambang serta arti lambang
    ·     Mengetahui dan mampu membedakan fungsi lambang, baik sebagai tanda pengenal maupun tanda perlindungan
    ·     Mengetahui maksud dari penyalahgunaan lambang dan dapat mengindentifikasi berbagai penyalahgunaan lambang

    Studi kasus Ceramah Curah pendapat

    3 x 45’





    LCD/OHP Flipchart Board Bahan presentasi
    Buku Panduan Diseminasi 1 & 2
    Prinsip Dasar Gerakan

    ·        Definisi dan batasan norma - norma Prinsip Dasar Gerakan
    ·        Hubungan antarketujuh Prinsip Dasar Gerakan
    ·        Penerapan Prinsip Dasar Gerakan dalam aktifitas kepalangmerahan

    ·        Mengetahui dan memahami definisi dan batasan norma - norma Prinsip Dasar Gerakan serta makna dan kategori Prinsip - prinsip Dasar Gerakan
    ·     Memahami dan dapat menyebutkan prinsip substantif, turunan dan organis dalam Prinsip Dasar Gerakan serta dapat menjelaskan korelasi atau hubungan di antara ketujuh Prinsip Dasar Gerakan
    ·     Dapat menerapkan Prinsip Dasar Gerakan dalam setiap aktifitas kepalangmerahan, baik dalam situasi damai maupun konflik
    Studi kasus Ceramah Curah pendapat

    2 x 45’
    LCD/OHP Flipchart Board Poster
    Buku Panduan Diseminasi 1 & 2
    Hukum Perikemanusiaan Internasional
    • Sejarah HPI
    • Definisi dan aturan dasar serta prinsip HPI
    • Konvensi Genewa dan Protokol Tambahan
    • Hubungan antara HAM dan HPI serta penerapan dan pelanggaran HPI
    ·        Mengetahui dan memahami kedudukan HPI sebagai bagian dari sejarah Gerakan dan mampu menjelaskan cikal bakal tercetusnya aturan dalam HPI
    ·        Mengetahui definisi HPI, memahami aturan dasar dan prinsip HPI
    ·        Mengetahui dan memahami Konvensi Genewa dna Protokol Tambahan serta penerapan HPI dalam konflik bersenjata
    ·        Mengetahui dan memahami hubungan HAM dengan HPI,dapat mengidentifikasi berbagai pelanggaran HPI serta mengetahui peranan Palang Merah dalam menjamin penghormatan terhadap HPI

    Studi kasus Ceramah Curah pendapat
    Pemutaran Film

    4 x 45’
    LCD/OHP Flipchart Board
    Video Player
    Buku Panduan Diseminasi 1 & 2
    Konvensi Genewa 1949
    Code of Conduct dan Safer Access

    ·        Mengetahui dan memahami etika - etika dalam penyelenggaraan bantuan kemanusiaan
    ·        Mengetahui dan memahami cara bekerja yang lebih aman dalam situasi konflik/bencana

    Studi kasus Ceramah Curah pendapat
    Pemutaran Film

    2 x 45’
    LCD/OHP Flipchart Board
    Video Player
    Buku Panduan Diseminasi 1 & 2




    T O T A L
    13 X 45’

    1 jam = 45''

        



    2.      Silabus Organisasi Palang Merah Indonesia

    Pokok Bahasan
    Sub Pokok Bahasan
    Tujuan Pembelajaran
    Waktu
    Metode
    Media
    Referensi
    Organisasi PMI
    Landasan Hukum, struktur, visi & misi dan Renstra
    Mengetahui dan memahami landasan hukum organisasi PMI
    1 x 45'
    Ceramah, curah pendapat, diskusi
    LCD / OHP, Flipchart board, bahan presentasi
    AD / ART PMI, PP 18/1980, Per. Depkes No. 023/1072
    Mengetahui dan memahami hubungan antara struktur organisasi PMI dengan KSR
    1 x 45'
    Ceramah, curah pendapat, diskusi
    LCD / OHP, Flipchart board, bahan presentasi
    Renstra PMI, referensi pendukung lainnya.
    Mengetahui dan memahami visi dan misi PMI
    Mengetahui dan memahami Pokok - pokok Kebijakan dan Rencana Strategis PMI tahun 2004 - 2009
    Peran KSR dalam organisasi
    Hak dan kewajiban KSR
    Mengetahui dan memahami pengertian, peran dan posisi KSR dalam organisasi PMI
    1 x 45'
    Ceramah, curah pendapat, diskusi
    LCD / OHP, Flipchart board, bahan presentasi
    AD/ART PMI, buku memperkenalkan PMI
    Peranan dalam Pengembangan Citra Organisasi
    Mengetahui dan memahami pengertian, peran dan posisi KSR dalam pengembangan sumber daya organisasi
    3 x 45'
    Ceramah, curah pendapat, diskusi
    LCD / OHP, Flipchart board, bahan presentasi
    Buku Memperkenalkan PMI
    Peran Relawan dalam Pengembangan Citra Organisasi
    1 x 45'
    Ceramah, curah pendapat, diskusi
    LCD / OHP, Flipchart board, bahan presentasi
    Renstra PMI
    Peranan dalam Pelayanan Organisasi
    Mengetahui dan memahami lingkup kegiatan dan pelayanan PMI , baik dimasa damai maupun di masa bencana/konflik.
    1 x 45'
    Ceramah, curah pendapat, diskusi
    LCD / OHP, Flipchart board, bahan presentasi
    AD/ART PMI, buku memperkenalkan PMI, pedoman KSR
    Mengetahui dan memahami peranan KSR dalam pelayanan PMI, baik di masa damai maupun dimasa bencana/konflik.



    8x45'



       

    3.      Silabus Kepeminpinan

    Pokok Bahasan
    Sub Pokok Bahasan
    Tujuan Pembelajaran
    Waktu
    Metode
    Media
    Referensi
    Kepemimpinan
    Konsep kepemimpinan
    Mengetahui dan memahami tentang hakekat kepemimpinan, tipe - tipe dan gaya kepemimpinan.
    2 x 45'
    Ceramah, Curah pendapat, diskusi, permainan
    LCD / OHP, Flipchart board, bahan presentasi
    Modul Pelatihan Kepemimpinan PMI
    Motivasi, komunikasi dan kerja sama
    Mengetahui dan memahami cara memberikan motivasi, berkomunikasi secara efektif dan bekerja sama dan membangun tim kerja.
    2 x 45'
    Ceramah, Curah pendapat, diskusi, permainan
    LCD / OHP, Flipchart board, bahan presentasi
    Modul Pelatihan Kepemimpinan PMI
    Praktek Kepemimpinan
    Dapat mengaplikasikan hakekat dan proses kepemimpinan dalam skala kecil.
    6 x 45'
    outbound
    Bahan - bahan untuk outbound sesuai kebutuhan
    Buku Panduan Pelatihan outbound
    Dapat membangun kerja sama, berkomunikasi dan saling memberi motivasi antaranggota tim.



    10 x 45'





    4.      Silabus HIV/Aids

    Pokok Bahasan
    Sub Pokok Bahasan
    Tujuan Pembelajaran
    Metodologi
    Alokasi Waktu
    Media
    Sumber Belajar / Referensi
    HIV/ AIDS
    ·    Pengertian HIV/ AIDS


    ·    Penularan dan Pencegahan HIV/ AIDS
    ·    Menjelaskan tentang HIV/ AIDS
    ·    Menjelaskan proses penularan HIV
    ·    Menjelaskan proses pencegahan HIV

    ·        Presentasi
    ·        Permainan
    ·        Curah pendapat

    2 x 45’

    Spidol
    Flipchart
    LCD/OHP
    Media terkait

    KESEHATAN DAN REPRODUKSI
    ·    Alat dan fungsi Reproduksi
    ·    Infeksi Menular Seksual
    ·    Menyebutkan alat reproduksi Pria dan Wanita
    ·    Menyebutkan fungsi reproduksi Pria dan Wanita
    ·    Mengetahui beberapa infeksi menular seksual
    ·        Presentasi
    ·        Curah pendapat
    1 x 45’





    Spidol
    Flipchart
    LCD/OHP
    Media terkait

    KEBIJAKAN DAN PERAN PMI
    ·    Kebijakan PMI
    ·    Peran PMI






    ·    Mengetahui kebijakan PMI di bidang HIV/ AIDS
    ·    Mengetahui tentang tiga pilar penanggulangan HIV/ AIDS
    ·    Mengetahui tentang GIPA Principle
    ·    Mengetahui tentang kegiatan yang berkaitan dengan HIV/AIDS
    ·    Mengetahui tentang Program Pendidikan Remaja Sebaya

    ·        Presentasi
    ·        Permainan
    ·        Curah pendapat






    2 x 45’
    Spidol
    Flipchart
    LCD/OHP
    Media terkait


     Note :


    T O T A L
    5 X 45’

    1 jam = 45''

     

    5.      Silabus PP

    Topik

    Subtopik

    Tujuan pembelajaran
    Metodologi
    Waktu
    Media
    Referensi
    Dasar-dasar Pertolongan Pertama

    Teori

    Setelah mempelajari topik ini peserta diharapkan mampu :
    Interactive Lecture
    1x 45'
    Buku peserta
    Buku PP PMI

    1.1.
    Pengertian dasar dan tujuan Pertolongan Pertama.
    1.1.1.
    Menjelaskan pengertian dasar dan tujuan Pertolongan Pertama.


    Whiteboard
    Buku lain yang relevan :

    1.2.
    Sistem Pelayanan Gawat Darurat Terpadu
    1.2.1.
    Men jelaskan Sistem Pelayanan Gawat Darurat Terpadu dan komponennya



    Faal

    1.3.
    Dasar Hukum Pertolongan Pertama
    1.3.1.
    Menyebutkan dasar Hukum Pertolongan Pertama


    Flipchart
    Anatomi

    1.4.
    Alat Perlindungan Dasar.
    1.4.1.
    Mengenali 6 Alat Perlindungan Dasar.


    Marker




    1.4.2.
    Menyebutkan  3 Alat Perlindungan Dasar.


    Paper


    1.5.
    Persetujuan tindakan pertolongan.
    1.5.1.
    Mengerti  kedua macam persetujuan tindakan pertolongan.


    OHP




    1.5.2.
    Menyebutkan kedua macam persetujuan tindakan pertolongan.


    Alat peraga


    1.6.
    Kewajiban Pelaku Pertolongan Pertama.
    1.6.1.
    Menyebutkan 9 kewajiban Pelaku Pertolongan Pertama.





    1.7.
    Kualifikasi Pelaku Pertolongan Pertama.
    1.7.1.
    Menyebutkan kualifikasi Pelaku Pertolongan Pertama.





    1.8.
    Fungsi alat dan bahan PP.
    1.8.1.
    Mengetahui dan mengenali  fungsi alat dan bahan PP dasar













    Anatomi dan Faal Dasar

    Teori

    Setelah mempelajari topik ini peserta diharapkan mampu :
    Interactive Lecture
    1 x 45'
    idem
    Buku PP PMI

    2.1.
    Pengertian anatomi dan faal.
    2.1.1.
    Menyebutkan arti anatomi dan faal.



    Bahan lain yang relevan

    2.2.
    Posisi anatomis dan referensi anatomis berdasarkan ke tiga bidang khayal yang membagi tubuh manusia.
    2.2.1.
    Menyebutkan posisi anatomis dan referensi anatomis berdasarkan ke tiga bidang khayal yang membagi tubuh manusia.





    2.3.
    Pembagian tubuh manusia dan bagian-bagiannya.
    2.3.1.
    Menyebutkan kelima bagian tubuh manusia dan bagian-bagiannya.





    2.4.
    Rongga dalam tubuh manusia beserta isinya.
    2.4.1.
    Menyebutkan kelima rongga yang ada dalam tubuh manusia beserta isinya.





    2.5.
    Sistem yang ada dalam tubuh manusia.
    2.5.1.
    Menyebutkan dan menjelaskan 3 sistem tubuh manusia




    Penilaian Penderita

    Teori

    Setelah mempelajari topik ini peserta diharapkan mampu :
    Interactive Lecture
    2 x 45'
    Buku peserta
    Buku PP PMI

    3.1.
    Penilaian pada penderita.
    3.1.1.
    Menyebutkan langkah-langkah penilaian pada penderita.
    Demonstration Practice
    2 x 45'
    Whiteboard
    Bahan lain yang relevan

    3.2.
    Penilaian keadaan.
    3.2.1.
    Menyebutkan langkah-langkah dalam melakukan penilaian keadaan.


    Flipchart


    3.3.
    Keamanan lokasi
    3.3.1.
    Menjelaskan keadaan lokasi aman atau tidak aman untuk dimasuki.


    Marker


    3.4.
    Tiba di lokasi kejadian.
    3.4.1.
    Menyebutkan ke enam  tindakan yang harus dilakukan setelah tiba di lokasi kejadian.


    Paper


    3.5.
    Sumber informasi mengenai peristiwa yang terjadi.
    3.5.1.
    Menyebutkan sekurang-kurangnya 2 sumber informasi mengenai peristiwa yang terjadi.


    OHP


    3.6.
    Penilaian dini.
    3.6.1.
    Menyebutkan tujuan penilaian dini


    Alat peraga




    3.6.2.
    Menyebutkan ke 6 langkah-langkah penilaian dini .







    3.6.3.
    Mengenali trauma signifikan dan non-signifikan pada kesan umum





    3.7.
    Pemeriksaan Fisik
    3.7.1.
    Menyebutkan pemeriksaan fisik secara sistematik pada penderita secara umum







    3.7.2.
    Menjelaskan mengenai ke 4 kelainan yang diperiksa pada pemeriksaan fisik.







    3.7.3.
    Menjelaskan pemeriksaan tanda vital pernapasan, nadi, suhu





    3.8.
    Riwayat Penderita .
    3.8.1.
    Menjelaskan bagaimana melakukan wawancara untuk mencari riwayat penderita pada  berdasarkan akronim KOMPAK.





    3.9.
    Pemeriksaan Berkelanjutan
    3.9.1.
    Menjelaskan apa saja yang harus dilakukan pada pemeriksaan berkala.





    3.10.
    Pelaporan dan serah terima penderita.
    3.10.1.
    Bagaimana melakukan pelaporan dan serah terima penderita.















    Praktek







    3.11.
    Pengamanan lokasi kejadian.
    3.11.1.
    Mendemonstrasikan langkah-langkah pengamanan lokasi kejadian.





    3.12.
    Penilaian Dini
    3.12.1.
    Mendemonstrasikan bagaimana mendapatkan kesan umum.







    3.12.2.
    Mendemonstrasikan masing-masing penilaian ASNT







    3.12.3.
    Mendemonstrasikan Lihat, Dengar dan Rasakan untuk menilai Pernapasan







    3.12.4.
    Mendemonstrasikan penilaian sirkulasi pada penderita dengan atau tanpa respon.





    3.13.
    Pemeriksaan Fisik
    3.13.1.
    Mendemonstrasikan pemeriksaan fisik secara sistematis dan lengkap.







    3.13.2.
    Mendemonstrasikan secara benar masing-masing komponen pemeriksaan tanda vital : pernapasan, nadi, suhu





    3.14.
    Riwayat Penderita
    3.14.1.
    Mendemonstrasikan bagaimana melakukan wawancara untuk mencari KOMPAK





    3.15.
    Pelaporan
    3.15.1.
    Mendemonstrasikan bagaimana melakukan pelaporan secara lisan maupun tertulis.













    Bantuan Hidup Dasar

    Teori

    Setelah mempelajari topik ini peserta diharapkan mampu :
    Interactive Lecture
    2 x 45'
    Buku peserta
    Buku PP PMI

    4.1.
    Sistem pernapasan dan sirkulasi.
    4.1.1.
    Menjelaskan secara ringkas sistem pernapasan dan sirkulasi.
    Demonstration Practice
    3 x 45'
    Whiteboard
    Bahan lain yang relevan

    4.2.
    Mati
    4.2.1.
    Menjelaskan perbedaan pengertian mati klinis dan mati biologis.


    Flipchart




    4.2.2.
    Menyebutkan 4 tanda-tanda pasti mati.


    Marker


    4.3.
    Rantai Survival
    4.3.1.
    Menyebutkan ke 4 komponen rantai survival.


    Paper


    4.4.
    Komponen BHD
    4.4.1.
    Menjelaskan ke tiga komponen Bantuan Hidup Dasar.


    OHP


    4.5.
    Airway (Penguasaan Jalan Napas)
    4.5.1.
    Menyebutkan 2 macam penyebab utama sumbatan jalan napas.


    Alat peraga




    4.5.2.
    Menyebutkan  cara membuka jalan napas.







    4.5.3.
    Menyebutkan cara memeriksa napas.







    4.5.4.
    Menyebutkan teknik untuk membersihkan jalan napas.







    4.5.5.
    Mengenali gangguan jalan napas.







    4.5.6.
    Menjelaskan perasat Heimlich pada sumbatan total





    4.6.
    Breathing (Bantuan napas)
    4.6.1.
    Menyebutkan prinsip dasar bantuan pernapasan.







    4.6.2.
    Menyebutkan 4 cara memberikan Bantuan Pernapasan.







    4.6.4.
    Menyebutkan tanda pernapasan adekuat, kurang adekuat dann tidak bernapas.





    4.7.
    Circulatory Support (Bantuan Sirkulasi)
    4.7.1.
    Menyebutkan prinsip dasar bantuan Sirkulasi.







    4.7.2.
    Menyebutkan kedalaman penekanan pada pijatan jantung luar untuk berbagai kelompok umur.





    4.8.
    Resusitasi Jantung Paru.
    4.8.1.
    Menjelaskan prinsip Resusitasi Jantung Paru.







    4.8.2.
    Menyebutkan  rasio pada Resusitasi Jantung Paru.







    4.8.3.
    Menjelaskan prinsip penekanan pada Pijatan Jantung Luar.







    4.8.6.
    Menyebutkan ke enam tanda RJP dilakukan dengan baik.







    4.8.7.
    Menyebutkan sekurangnya 3 komplikasi yang dapat terjadi pada RJP.







    4.8.8.
    Menyebutkan 4 keadaan dimana tindakan RJP dihentikan.







    4.8.9.
    Menjelaskan kesalahan pada RJP dan akibatnya.






    Praktek







    4.9.
    Airway (Penguasaan Jalan Napas)
    4.9.1.
    Mendemonstrasikan cara memeriksa ada tidaknya pernapasan pada penderita tidak respon.







    4.9.2.
    Mendemonstrasikan cara  angkat dagu tekan dahi







    4.9.3.
    Mendemonstrasikan cara melakukan posisi pemulihan.





    4.10.
    Breathing (Bantuan napas)
    4.10.1.
    Mendemonstrasikan bantuan napas teknik dari mulut ke mulut atau alat pelindung dan masker bila ada





    4.11.
    Circulatory Support (Bantuan Sirkulasi)
    4.11.1.
    Mendemonstrasikan cara menentukan dan memeriksa ada tidaknya nadi karotis.







    4.11.2.
    Mendemonstrasikan teknik kompresi dada pada penderita dewasa.





    4.12.
    Resusitasi Jantung Paru.
    4.12.1.
    Mendemonstrasikan RJP oleh satu orang penolong pada manekin dewasa.













    Perdarahan dan Syok

    Teori

    Setelah mempelajari topik ini peserta diharapkan mampu :
    Interactive Lecture
    1 x 45'
    Buku peserta
    Buku PP PMI

    5.1.
    Pengertian perdarahan
    5.1.1.
    Menjelaskan pengertian perdarahan
    Demonstration Practice
    1 x 45'
    Whiteboard
    Bahan lain yang relevan

    5.2.
    Sumber perdarahan
    5.2.1.
    Menyebutkan ketiga macam sumber perdarahan.


    Flipchart


    5.3.
    Jenis perdarahan
    5.3.1.
    Menjelaskan 2 jenis perdarahan


    Marker


    5.4.
    Perdarahan dalam
    5.4.1.
    Menyebutkan kapan penolong harus mencurigai terjadinya perdarahan dalam.


    Paper


    5.5.
    Perdarahan luar
    5.5.1.
    Menjelaskan bagaimana melindungi diri terhadap infeksi.


    OHP




    5.5.2.
    Menjelaskan 3 cara bagaimana mengendalikan perdarahan luar.


    Alat peraga




    5.5.3.
    Menjelaskan perawatan perdarahan .





    5.6.
    Syok
    5.6.1.
    Menyebutkan pengertian syok







    5.6.2.
    Menyebutkan masing-masing kelima gejala dan tanda syok.







    5.6.3.
    Menyebutkan langkah-langkah penanganan syok.






    Praktek

    Praktek :





    5.7.
    Penanganan perdarahan luar
    5.7.1.
    Mendemonstrasikan cara menghentikan perdarahan luar.







    5.7.2.
    Menunjukkan titik-titik tekan untuk membantu menghentikan perdarahan







    5.7.3.
    Mendemonstrasikan cara perawatan perdarahan





    5.8.
    Penanganan syok
    5.8.1.
    Mendemonstrasikan langkah-langkah penanganan syok.




    Cedera Jaringan Lunak

    Teori

    Setelah mempelajari topik ini peserta diharapkan mampu :
    Interactive Lecture
    1 x 45'
    Buku peserta
    Buku PP PMI

    6.1.
    Pengertian cedera jaringan lunak
    6.1.1.
    Menjelaskan cedera yang tergolong cedera jaringan lunak.
    Demonstration Practice
    3 x 45'
    Whiteboard
    Bahan lain yang relevan

    6.2.
    Klasifikasi luka
    6.2.1.
    Menyebutkan 2 klasifikasi luka.


    Flipchart


    6.3.
    Luka terbuka
    6.3.1.
    Menyebutkan 6 macam luka terbuka.


    Marker


    6.4.
    Luka tertutup
    6.4.1.
    Menyebutkan 3 macam luka tertutup.


    Paper


    6.5.
    Penutup dan pembalut luka
    6.5.1.
    Menjelaskan apa yang dimaksud dengan penutup luka


    OHP




    6.5.2.
    Menjelaskan bagaimana penggunaan penutup luka


    Alat peraga




    6.5.3.
    Menyebutkan 4 fungsi penutup luka.







    6.5.5.
    Menyebutkan ketiga fungsi pembalut







    6.5.7.
    Menguasai pedoman penutupan dan pembalutan luka.







    6.5.8.
    Menjelaskan pemakaian pembalutan penekanan.





    6.6.
    Perawatan luka terbuka
    6.6.1.
    Menyebutkan langkah-langkah perawatan luka terbuka.





    6.7.
    Perawatan luka tertutup
    6.7.1.
    Menyebutkan langkah-langkah perawatan luka tertutup.





    6.8.
    Perawatan luka dengan benda asing menancap
    6.8.1.
    Menyebutkan perawatan luka dengan benda asing menancap.















    Praktek

    Setelah mempelajari topik ini peserta diharapkan mampu :





    6.9.
    Pedoman umum penutup luka dan pembalutan.
    6.9.1.
    Mendemonstrasikan pedoman umum penutup luka dan pembalutan.





    6.10.
    Penggunaan pembalut
    6.10.1.
    Mendemonstrasikan penggunaan berbagai macam pembalut pada berbagai bagian tubuh dan pada berbagai posisi tubuh.





    6.11.
    Pembalutan penekanan.
    6.11.1.
    Mendemonstrasikan pembalutan penekanan.





    6.12.
    Perawatan berbagai luka
    6.12.1.
    Mendemonstrasikan Perawatan luka terbuka.







    6.12.2.
    Mendemonstrasikan perawatan luka tertutup.













    Cedera Sistem Otot Rangka

    Teori

    Setelah mempelajari topik ini peserta diharapkan mampu :
    Interactive Lecture
    1 x 45'
    Buku peserta
    Buku PP PMI

    7.1.
    Cedera otot rangka.
    7.1.1.
    Menjelaskan apa yang termasuk cedera otot rangka
    Demonstration Practice
    2 x 45'
    Whiteboard
    Bahan lain yang relevan



    7.1.2.
    Menyebutkan pengertian patah tulang


    Flipchart




    7.1.3.
    Menyebutkan mekanisme penyebabnya.


    Marker


    7.2.
    Gejala dan tanda patah tulang
    7.2.1.
    Menyebutkan sekurangnya 4 macam gejala dan tanda patah tulang.


    Paper


    7.3.
    Pembagian patah tulang
    7.3.1.
    Menjelaskan 2 macam jenis patah tulang dan mengapa diadakan perbedaan tersebut.


    OHP


    7.4.
    Pembidaian
    7.4.1.
    Menjelaskan apa yang dimaksud dengan pembidaian.







    7.4.2.
    Menyebutkan 5 macam tujuan pembidaian.







    7.4.3.
    Menyebutkan berbagai macam bidai termasuk keuntungan dan kerugian masing-masing.







    7.4.4.
    Menyebutkan 4  pedoman umum pembidaian.





    7.5.
    Pertolongan cedera otot rangka
    7.5.1.
    Menyebutkan cara pertolongan cedera otot rangka















    Praktek







    7.6.
    Pemeriksaan patah tulang
    7.6.1.
    Mendemonstrasikan pemeriksaan patah tulang.





    7.7.
    Pertolongan umum patah tulang
    7.7.1.
    Mendemonstrasikan pertolongan umum patah tulang pada tulang lengan dan tungkai













    Luka bakar

    Teori

    Setelah mempelajari topik ini peserta diharapkan mampu :
    Interactive Lecture
    1 x 45'
    Buku peserta
    Buku PP PMI

    8.1.
    Penyebab luka bakar
    8.1.1.
    Menjelaskan 4 penyebab luka bakar.


    Whiteboard
    Bahan lain yang relevan

    8.2.
    Penggolongan luka bakar
    8.2.1.
    Menyebutkan 3 macam penggolongan luka bakar.


    Flipchart


    8.3.
    Luas luka bakar
    8.3.1.
    Menghitung luas permukaan tubuh yang mengalami luka bakar.


    Marker


    8.4.
    Derajat berat luka bakar
    8.4.1.
    Menyebutkan 3 macam derajat berat luka bakar.


    Paper


    8.5.
    Penyulit luka bakar
    8.5.1.
    Menyebutkan beberapa faktor penyulit pada kasus luka bakar.


    OHP


    8.6.
    Penanganan  luka bakar
    8.6.1.
    Menyebutkan langkah-langkah penanganan luka bakar.













    Pemindahan Penderita

    Teori

    Setelah mempelajari topik ini peserta diharapkan mampu :
    Interactive Lecture
    1 x 45'
    Buku peserta
    Buku PP PMI

    9.1.
    Mekanika tubuh.
    9.1.1.
    Menyebutkan prinsip-prinsip mekanika tubuh
    Demonstration Practice
    2 x 45'
    Whiteboard
    Bahan lain yang relevan



    9.1.2.
    Menjelaskan hal-hal yang harus diperhatikan pada saat memindahkan penderita.


    Flipchart


    9.2.
    Saat pemindahan penderita
    9.2.1.
    Mengerti kapan penderita harus dipindahkan.


    Marker


    9.3.
    Pemindahan darurat
    9.3.1.
    Menjelaskan kapan perlu dilakukan tindakan pemindahan darurat.


    Paper


    9.4.
    Pemindahan biasa
    9.4.1.
    Menjelaskan kapan dilakukan pemindahan biasa.


    OHP


    9.5.
    Posisi penderita
    9.5.1.
    Menyebutkan berbagai posisi penderita sesuai dengan kasus yang dihadapi


    Alat peraga


    9.6.
    Peralatan pemindahan penderita
    9.6.1.
    Menjelaskan beberapa peralatan pemindahan penderita.















    Praktek







    9.7.
    Pemindahan darurat
    9.7.1.
    Mendemonstrasikan berbagai pemindahan darurat.





    9.8.
    Pemindahan biasa
    9.8.1.
    Mendemonstrasikan berbagai pemindahan biasa.




    Kedaruratan Medis

    Teori

    Setelah mempelajari topik ini peserta diharapkan mampu :
    Interactive Lecture
    1 x 45'
    Buku peserta
    Buku PP PMI

    10.1.
    Gejala dan tanda kedaruratan medis.
    10.1.1.
    Menyebutkan gejala dan tanda kedaruratan medis umum


    Whiteboard
    Bahan lain yang relevan

    10.2.
    Ayan
    10.2.1.
    Menyebutkan gejala dan tanda ayan.







    10.2.2.
    Menyebutkan penatalaksanaan ayan





    10.3.
    Pingsan
    10.3.1.
    Menyebutkan gejala dan tanda pingsan







    10.3.2.
    Menyebutkan penatalaksanaan pingsan





    10.4.
    Paparan panas
    10.4.1.
    Menyebutkan gejala dan tanda kejang panas







    10.4.2.
    Menyebutkan penatalaksanaan kejang panas







    10.4.3.
    Menyebutkan gejala dan tanda kelelahan panas







    10.4.4.
    Menyebutkan penatalaksanaan kelelahan panas







    10.4.5.
    Menyebutkan gejala dan tanda sengatan panas







    10.4.6.
    Menyebutkan penatalaksanaan sengatan panas





    10.5.
    Paparan dingin
    10.5.1.
    Menyebutkan gejala dan tanda serta penatalaksanaan kasus paparan dingin.







    10.5.2.
    Menyebutkan gejala dan tanda serta penatalaksanaan kasus paparan dingin.













    Keracunan

    Teori

    Setelah mempelajari topik ini peserta diharapkan mampu :
    Interactive Lecture
    1 x 45'
    Buku peserta
    Buku PP PMI

    11.1.
    Pengertian racun
    11.1.1.
    Menjelaskan pengertian tentang racun.


    Whiteboard
    Bahan lain yang relevan



    11.1.2.
    Menjelaskan cara terjadinya keracunan pada manusia.


    Flipchart


    11.2.
    Cara masuk racun dalam tubuh manusia
    11.2.1.
    Menjelaskan cara masuknya racun ke dalam tubuh manusia.


    Marker


    11.3.
    Gejala dan tanda keracunan secara umum.
    11.3.1.
    Menyebutkan gejala dan tanda keracunan secara umum.


    Paper


    11.4.
    Penatalaksanaan keracunan secara umum.
    11.4.1.
    Menyebutkan penatalaksanaan keracunan secara umum.





    11.5.
    Gigitan ular
    11.5.1.
    Menyebutkan pertolongan pada gigitan ular.













    Triage dan Incident Command System

    Teori

    Setelah mempelajari topik ini peserta diharapkan mampu :
    Interactive Lecture
    1 x 45'
    Buku peserta
    Buku PP PMI

    13.1.
    Incident Command System
    13.1.1.
    Mengetahui dasar-dasar Incident Command System
    Demonstration Practice
    1 x 45'
    Whiteboard
    Bahan lain yang relevan

    13.2.
    Sektor ICS
    13.2.1.
    Menyebutkan sektor-sektor dalam ICS


    Flipchart


    13.3.
    Triage
    13.3.1.
    Menjelaskan dasar-dasar triage


    Marker


    13.4.
    Metode START
    13.4.1.
    Menyebutkan metode START


    Paper



    Praktek




    OHP


    13.5.
    Simulasi start
    13.5.1.
    Mendemonstrasikan dalam satu simulasi suatu triage metode START


    Alat peraga










    Evaluasi
    14.1.
    Ujian Teori


    Mandatory
    1 x 45'

    Buku PP PMI

    14,2
    Praktek akhir


    Demonstration
    1 x 45'

    Bahan lain yang relevan










       

    6.      Silabus PK

    Pokok Bahasan
    Sub Pokok Bahasan
    Tujuan Pembelajaran
    Metodologi
    Alokasi Waktu
    Media
    Sumber Belajar / Referensi
    Dasar PK


    ·        Prinsip & sikap pelaku PK
    ·        Peralatan PK
    Peserta mampu :
    ·        Menjelaskan prinsip dan sikap pelaku PK
    ·        Menyebutkan peralatan PK
    ·        Ceramah
    ·        Tanya jawab
    ·        Simulasi
    1 x 45’
    ·        Flipchart
    ·        OHP/LCD
    ·        Spidol
    ·        Media peraga
    • Buku PK PMI
    • Referensi terkait
    Kesehatan dasar di keluarga
    ·        Kebersihan diri
    ·        Kebersihan lingkungan
    ·        Imunisasi
    ·        ASI dan gizi

    Peserta mampu :
    ·        Menjelaskan dasar-dasar kesehatan:
    §         Kebersihan diri
    §         Kebersihan lingkungan
    §         Imunisasi
    §         ASI dan gizi

    ·        Ceramah
    ·        Tanya jawab
    ·        Praktek/simulasi

    1 x 45’
    ·        Flipchart
    ·        OHP/LCD
    ·        Spidol
    ·        Media peraga
    • Buku PK
    • Referensi terkait
    Perawatan orang sakit
    Persiapan perawatan orang sakit :
    ·        Mencuci tangan dan memakai celemek
    ·        Membersihkan dan menata tempat tidur orang sakit
    ·        Mengenal jenis pensuci hama
    ·        Mensucihamakan alat perawatan



    ·        Peserta mampu melaksanakan:
    §         Mencuci tangan dan memakai celemek
    §         Membersihkan dan menata tempat tidur orang sakit
    §         Mengenal jenis pensuci hama
    §         Mensucihamakan alat perawatan

    ·        Ceramah
    ·        Tanya jawab
    ·        Praktek/simulasi
    3 x 45’
    ·        Flipchart
    ·        OHP/LCD
    ·        Spidol
    ·        Media peraga
    • Buku PK PMI
    • Referensi terkait

    Pengamatan orang sakit :
    ·        Mengukur suhu tubuh,
    ·        Menghitung Denyut nadi
    ·        Frekuensi pernapasan
    ·        Membuat buku catatan penderita

    ·        Peserta mampu:
    §         Mengukur suhu tubuh, menghitung nadi dan pernapasan
    §         Membuat buku catatan penderita

    ·        Ceramah
    ·        Tanya jawab
    ·        Simulasi

    1 x 45’
    ·        Flipchart
    ·        OHP/LCD
    ·        Spidol
    ·        Media peraga
    • Buku PK PMI
    • Referensi terkait

    Perawatan orang sakit :
    a.       Memelihara kebersihan mulut
    b.      Memberikan bermacam-macam kompres
    c.       Menyajikan makanan dan obat
    d.      Merubah posisi orang sakit
    e.       Menolong pasien b.a.b/b.a.k
    f.        Menolong memandikan pasien


    ·        Peserta mampu :
    §         Memelihara kebersihan mulut
    §         Memberikan bermacam-macam kompres
    §         Menyajikan makanan dan obat
    §         Merubah posisi orang sakit
    §         Menolong b.a.b/b.a.k
    §         Memandikan pasien


    ·        Ceramah
    ·        Tanya jawab
    ·        Simulasi

    2 x 45’
    ·        Flipchart
    ·        OHP/LCD
    ·        Spidol
    ·        Media peraga
    • Buku PK PMI
    • Referensi terkait
    Gejala penyakit
    Gejala penyakit
    ·        Peserta mampu menjelaskan gejala:
    §         Diare dan dehidrasi
    §         Demam
    §         ISPA, pnemonia, TB
    §         BDB & PSN
    §         Gizi buruk


    ·        Ceramah
    ·        Tanya jawab
    ·        Simulasi

    1  x 45’

    ·        Flipchart
    ·        OHP/LCD
    ·        Spidol
    ·        Media peraga
    • Buku PK PMI
    • Referensi terkait
    Perawatan pada lansia
    Perawatan lansia
    ·        Menjelaskan pengertian lansia
    ·        Menjelaskan tujuan perawatan lansia
    ·        Menjelaskan perubahan dan faktor yang mempengaruhi perubahan pada lansia
    ·        Melakukan pendekatan fisik, psikis
    ·        Ceramah
    ·        Tanya jawab
    ·        Simulasi

    1  x 45’

    ·        Flipchart
    ·        OHP/LCD
    ·        Spidol
    ·        Media peraga

    • Buku PK PMI
    • Referensi terkait



    T O T A L
    10 X 45’



       

    7.      Silabus Manajemen PB

    Pokok Bahasan
    Sub Pokok Bahasan
    Tujuan Pembelajaran
    Metode
    Alokasi Waktu
    Media
    Referensi
    Pengantar Manajemen
    PB

    a.       Pengertian Bencana, Ancaman/ Bahaya, Risiko dan  Kerentanan

    Setelah proses pembelajaran Pokok Bahasan ini,  pembelajar diharapkan mampu :
    ·        Menyebutkan pengertian dan perbedaan antara Ancaman dan Bencana
    ·        Menyebutkan pengertian dan perbedaan antara Resiko dan Kerentanan
    ·        Memahami hubungan antara Bencana, Ancaman, Resiko dan Kerentanan
    ·        Menyebutkan jenis-jenis Ancaman
    ·  Curah pendapat
    ·  Ceramah Informatif
    ·  Energizer 
    ·  Tanya Jawab
    ·  Diskusi Kelompok
       (FGD). 

    2 x 45”
    ·     White Board
    ·     Spidol
    ·     UHP
    ·     LCD
    ·     Maket/lay Out
    ·     Video Showing
    · Panduan PMI
    · Panduan IFRC
    · Panduan ICRC
    · Sphere Project
    b.      Siklus bencana dan phase-phase dalam menejemen bencana

    Setelah proses pembelajaran topik ini,  pembelajar  diharapkan mampu :
    ·        Menyebutkan fase-fase tindakan dalam Manajemen PB
    ·        Menjelaskan pengertian-pengertian pokok dalam setiap phase tindakan
    ·        Mengidentifikasi tindakan-tindakan yang relevan dengan peran atau mandat PMI
    2 x 45”
    c.       Pengantar tanggap darurat bencana.
    Setelah proses pembelajaran topik ini,  pembelajar  diharapkan mampu :
    ·        Mengetahui gambaran umum mengenai konsep-konsep dan tahapan dalam tanggap darurat.
    ·        Memahami prinsip-prinsip dalam tanggap darurat.
    1 x 45”
    Jumlah jam
    5 X 45






    8.      Silabus Asessment

    Pokok Bahasan
    Sub Pokok Bahasan
    Tujuan Pembelajaran
    Metode
    Alokasi Waktu
    Media
    Referensi

    Assessment

    a.      Pengantar Assessment
    b.      Pelaksanaan Assessment
    c.      Jenis-jenis Assessment
    d.      Rapid Assessment

    Setelah proses pembelajaran topik ini,  pembelajar  diharapkan mampu :
    ·        Memahami dan mengerti Assessment
    ·        Memahami jenis assessment dalam siklus penanggulangan bencana
    ·        Dapat melakukan assessment cepat (rapid assessment)

    §     Ceramah Informatif.
    §     Egergizer
    §     Diskusi
    §     Curah Pendapat.
    §     Berbagi Pendapat.
    ·     Focus Group Discussion (FGD).
    ·     Bermain Peran

    4 x 45

    §   Video
    §   Whiteboard
    §   Spidol
    §   OHP/LCD
    §   Flipchart
    §   Form Assessment


    §    PanduanPMI
    §    Panduan IFRC
    §    Panduan ICRC
    §    Sphere Project



    Jumlah jam
    4 X 45





    9.     Silabus Penampungan Sementara

    Pokok Bahasan
    Sub Pokok Bahasan
    Tujuan Pembelajaran
    Metode
    Alokasi Waktu
    Media
    Referensi

    Penampungan Sementara

    a.       Definisi Penampungan Sementara
    b.      Pengorganisasian penampungan sementara
    c.       Peryaratan dan jenis-jenis penampungan sementara
    d.      Perencanaan dan Pelaksanaan Penampungan Sementara


    Setelah proses pembelajaran topik ini,  pembelajar diharapkan mampu :
    §       Mengetahui definisi dan tujuan Penampungan Sementara
    §       Mengetahui pengorganisasian penampungan sementara
    §       Mengetahui persyaratan dan jenis penampungan sementara
    §       Dapat menyelenggarakan penampungan sementara


    · Ceramah
    · Diskusi  Kelompok
    · Presentasi
    · Energiser
    · Tanya-jawab
    · Table Top Excercise




    5 x 45’


    Papan Flipchart,
    Spidol, 
    Lay out/Maket



    · Panduan PMI
    · Panduan IFRC
    · Panduan ICRC
    · Sphere Project
    Jumlah jam
    5 X 45






    10.  Silabus DU


    Pokok Bahasan

    Sub Pokok Bahasan
    Tujuan Pembelajaran
    Metode
    Alokasi Waktu
    Media
    Referensi

    Dapur Umum


    a.       Pengertian Dasar
    b.      Organisasi dan pembagian tugas
    c.       Penyusunan menu sederhana
    d.      Pelaksanan Dapur Umum


    Setelah proses pembelajaran topik ini,  pembelajar diharapkan mampu :
    §       Mengerti dan memahami  Dasar-Dasar  penyelenggaraan Dapur Umum
    §       Mampu menjelaskan strukutur dan organisasi Dapur UMUM
    §       Mampu menyusun menu Dapur Umum secara sederhana
    §       Mampu merencanankan dan melaksanakan Dapur Umum


    Ceramah Informatif.
    Diskusi
    Curah Pendapat.
    Berbagi Pendapat.
    Focus Group Discussion (FGD).
    Tanya-jawab
    Table Top Excercise

    3 x 45

    Video
    Whiteboard
    Spidol
    OHP/LCD
    Flipchart
    Kalkulator



    Panduam PMI
    Referensi terkait lainnya
    Sphere Project

    Jumlah jam

    3 X 45




    11.  Silabus Logistik


    Pokok Bahasan

    Sub Pokok Bahasan
    Tujuan Pembelajaran
    Metode
    Alokasi Waktu
    Media
    Referensi

    Pengantar Logistik dan Distribusi


    e.       Pengertian Definisi Logistik
    f.        Komponen Komponen Logistik
    g.       Mengenal Formulir pergudangan


    Setelah proses pembelajaran Pokok bahasan ini,  pembelajar diharapkan mampu :
    §       Menjelaskan pengertian/definisi logistik PMI
    §       Menjelaskan komponen-komponen logistik PMI
    §       Memahami formulir yang digunakanpada pergudangan


    Ceramah Informatif.
    Diskusi kelompok
    Curah Pendapat.
    Discussion (FGD).
    Tanya-jawab
    Energizer Excercise

    2 x 45

    Video
    Whiteboard
    Spidol
    OHP/LCD
    Flipchart
    Kalkulator
    Dokumentasi
    Kegiatan logistic, Formulir pergudangan


    -      Kebijakan & Renstra PMI di bidang TD
    -      Kebijakan IFRC dibidang TD
    -      Diktat dan modul pelatihan dasar logistic
    -      Panduan ICRS
    -      Panduan IFRC

    a.   Prinsip prinsip distribusi
    b.      Merencanakan Distribusi ada saat bencana
    c.       Mengenal Formulir Distribusi

    Setelah proses pembelajaran Pokok bahasan ini,  pembelajar diharapkan mampu :
    §       Menjelaskan pengertian/definisi Distribusi
    §       Menjelaskan prinsip-prinsip distribusi
    §       Merencanakan dan melaksanakan tahap-tahap distribusi secara sederhana
    Memahami formulir yang digunakan pada saat distribusi
    Ceramah Informatif.
    Diskusi kelompok
    Curah Pendapat.
    Discussion (FGD).
    Tanya-jawab
    Energizer Excercise
    3 x 45
    Video
    Whiteboard
    Spidol
    OHP/LCD
    Flipchart
    Kalkulator
    Dokumentasi
    Kegiatan Distribusi, Formulir Distribusi
    Jumlah jam

    5 X 45




    12.  Silabus TMS/RFL

    Pokok Bahasan

    Sub Pokok Bahasan
    Tujuan Pembelajaran
    Metode
    Alokasi Waktu
    Media
    Referensi

    Pengenalan & Dasar-Dasar TMS/RFL

    a)      Pengantar TMS/RFL
    b)      Dasar hukum RFL
    c)      Tugas-tugas TMS
    d)      Praktek pengisian formulir TMS


    §         Memahami latar belakang
    §         diselenggarakannya kegiatan tracing
    §         Memahami dasar hukum RFL
    §         Memahami tugas-tugas TMS
    §         Dapat mengisi formulir-formulir  TMS


    Partisipatif
    Brainstorming
    Energizer
    Diskusi
    Kerja Kelompok 


     5 x 45

    Whiteboard
    Spidol
    LCD
    Flipchart
    Video
    Form TMS
    Peralatan Energizer


    Manual TMS
    Manual ICRC
    Manual lainnya
    Jumlah jam
    5 X 45





    13.  Silabus Watsan

    POKOK BAHASAN
    SUB POKOK
    BAHASAN
    TUJUAN PEMBELAJARAN
    METODE
    WAKTU
    (Menit)

    MEDIA

    PERAGA

    WatSan kondisi Bencana
    a.     Pengertian WatSan
    b.     Tujuan dan Latar Belakang
    a.       Memahami tujuan dan latar belakang diperlukan pelayanan watsan pada saat bencana
    Ceramah
    Curah Pendapat Tanya Jawab
    Diskusi kelompok

    2 X 45’

    ·    Flipchart
    ·    Slide OHP/LCD
    ·    Spidol

    c.     Pelayanan Fase Darurat
    b.      Mengetahui kegiatan apa yang harus    dilakukan pelayanan watsan fase darurat
    d.     Penyakit Yang berhubungan dengan WatSan
    c.       Mengetahui jenis-jenis penyakit yang berhubungan dengan watsan

    e.  Jenis Fasilitas    WatSan
    d.      Mengetahui jenis dan fasilitas WatSan
    WatSan Kondisi Normal : Pengantar PHAST

    a.       Pengertian pendekatan 

         partisipatif


     

    a.        Memahami pengertian pengertian pendekatan partisipatif
    Ceramah
    Curah Pendapat Tanya Jawab
    Diskusi kelompok

    2 X 45’

    ·    poster-poster/gambar yang tidak terangkai dalam serial
    ·    isolasi/perekat
    ·  peniti, jarum isolasi/perekat

    b. Pengertian PHAST


    b.        Memahami pengertian PHAST




    c. Tujuan PHAST
    c.        Memahami tujuan PHAST



    d. Tahapan-tahapan PHAST
    d.        Memahami tahapan PHAST



    14.  Silabus Community Based
    POKOK BAHASAN
    SUB POKOK
    BAHASAN
    TUJUAN PEMBELAJARAN
    METODE
    WAKTU
    (Menit)

    MEDIA

    PERAGA

    Pengertian & Konsep Pendekatan Berbasis Masyarakat
    a.     Pengertian, Tujuan, Sasaran
    b.     Kebijakan PMI dan IFRC dalam program yang berbasis masyarakat
    c.     Lingkup Kegiatan
    d.     Tahapan Pelaksanaan kegiatan Berbasis Masyarakat
    e.     Contoh-contoh kegiatan berbasis masyarakat

    a.       Peserta mengetahui pengertiasn , tujuan dan sasaran kegiatan berbasis masyarakat
    b.      Peserta mengetahui kebijakan PMI dan IFRC dalam mengembangkan program yang berbasis masyarakat
    c.       Peserta mengetahui lingkup kegiatan berbasiskan masyarakat
    d.      Peserta dapat menjelaskan tahapan pelaksanaan kegiatan berbasis masyarakat
    e.       Peserta mampu menyebutkan dan menjelaskan contoh-contoh program PMI yang berbasis masyarakat
    Ceramah
    Curah Pendapat Tanya Jawab
    Diskusi kelompok

    2 X 45’

    ·    Flipchart
    ·    Slide OHP/LCD
    ·    Spidol
    ·    Pamphlet/brosur kegiatan PMI berbasis masyarakat
    Teknik Dasar  Penyuluhan








     
    a.     Pengertian penyuluhan
    b.     Metode Penyuluhan
    c.     Tekhnik dasar penyuluhan kepada masyarakat

     

    a.       peserta mengetahui dan menjelaskan pengertian penyuluhan
    b.      peserta mengetahui berbagia metode dan media penyuluhan
    c.       peserta mengetahui dan memraktekkan tekhnik dasar penyuluhan kepada masyarakat
    Ceramah
    Curah Pendapat Tanya Jawab
    Diskusi kelompok
    Role Playing

    3 X 45’

    ·    Flipchart
    ·    Slide OHP/LCD
    ·  Spidol

Tidak ada komentar:

Posting Komentar