KORPS SUKARELA
Korps Sukarela (KSR) adalah kesatuan di dalam
perhimpunan PMI, yang merupakan wadah kegiatan atau wadah pengabdian bagi
Anggota perhimpunan PMI KSR
Hak :
1. Memperoleh/
mendapat kesempatan untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan guna mengembangkan
pengetahuan, sikap dan keterampilan
2. Mendapatkan
kesempatan mengembangkan pengabdian di dalam perhimpunan PMI, baik di dalam
kepengurusan maupun di dalam kegiatan operasional.
3.
Berhak
menggunakan atribut sesuai dengan ketentuan
4.
Memberikan
usul, saran dan pendapat sesuai jenjang organisasi demi kemajuan perhimpunan
PMI.
5.
Dilibatkan
dalam pengambilan keputusan PMI
6.
Memperoleh
Asuransi dan perlindungan hukum dalam pelaksanan tugas Kepalangmerahan
7.
Memperoleh
tanda penghargaan, tanda kehormatan dari PMI, dari pemerintah maupun dari
lembaga Nasional dan Internasional sesuai dengan ketentuan.
8.
Menggunakan
fasilitas KSR PMI sesuai dengan ketentuan yang berlaku
9.
Mendapat
Kartu Tanda Anggota PMI
10. Mengikuti kegiatan kepalangmerahan di
dalam maupun di luar kesatuan atau unit yang bersangkutan.
Kewajiban
:
1.
Setiap
anggota KSR PMI wajib menjaga dan meningkatkan kualitas kesatuannya.
2.
Setiap
anggota KSR wajib meningkatkan kesiapsiagaan dengan mengikuti :
a.
Kegiatan
Pembinaan
b.
Kegiatan
Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT)
c.
Kegiatan
Gladi
d.
Kegiatan
Operasional
3.
Tunduk,
taat dan patuh pada peraturan – peraturan kesatuan KSR PMI serta peraturan –
peraturan yang berlaku di jajaran PMI.
4.
Setiap
Anggota KSR PMI wajib membayar iuran anggota (lihat ketentuan mengenai iuran
anggota PMI pada pedoman keanggotaan PMI yang dikeluarkan Pengurus Pusat PMI)
Syarat
Keanggotaan :
Syarat menjadi
anggota KSR adalah sbb :
1.
WNI
bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2.
Berumur
minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun, Pendidikan serendah-rendahnya tamat
SLTP atau sederajat, bagi anggota KSR PMI Perguruan Tinggi masih berstatus
sebagai mahasiswa di Perguruan Tinggi yang bersangkutan.
3.
Berkelakuan
baik dan tidak terlibat organisasi terlarang
4.
Menghayati
dan mengamalkan Prinsip-prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit
Merah Internasional
5.
Atas
kesadaran sendiri dan sukarela bersedia mendaftarkan diri sebagai anggota KSR
PMI
6.
Bersedia
mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) KSR PMI
7.
Bersedia
mentaati peraturan yang berlaku dengan menandatangani surat pernyataan.
8.
Bersedia
menandatangani surat pernyataan pengabdian di PMI minimal 3 tahun
Pengesahan
Anggota :
1.
Pengesahan
keanggotaan dilaksanakan dengan pelantikan
2.
Pelantikan
anggota KSR PMI dilakukan oleh Pengurus PMI Cabang atau Pembina KSR PMI.
Keanggotaan
KSR PMI berakhir karena :
1.
Meninggal
dunia
2.
Mengundurkan
diri atau minta berhenti
3.
Diberhentikan
karena telah melanggar ketentuan-ketentuan yang berlaku di PMI dan pelanggaran
hukum yang berlaku di Negara Indonesia
4.
Melewati
batas usia maksimum yang telah ditentukan (35 tahun)
Perpindahan
Anggota KSR PMI
1.
Perpindahan
anggota KSR PMI Unit dari satu cabang ke cabang yang lain harus membawa
rekomendasi dari Pengurus KSR PMI Unit yang lama dan Pengurus Cabang PMI yang
lama kemudian melapor ke PMI Cabang dan Unit KSR yang baru.
2.
Perpindahan
anggota KSR PMI dari satu unit ke unit yang lain dalam satu cabang harus
membawa rekomendasi dari Pengurus KSR Unit yang lama dan diketahui oleh
Pengurus Cabang
Pelatihan KSR
PMI harus diarahkan pada upaya peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan
teknis pelayanan kepalangmerahan.
Macam
Pelatihan
a. Diklat KSR Dasar
1)
Pendidikan
dan Latihan diadakan sesuai program kebutuhan Pengurus Cabang dan Unit.
2)
Tiap
jam pelajaran berlangsung selama 45 menit, dengan jumlah jam pelajaran 120 jam
(120 x 45’ JPL) termasuk perkenalan, penyusunan norma dan harapan serta
evaluasi, atau 12 hari efektif jika dilaksanakan terus-menerus ( jika rata –
rata dalam sehari berlangsung 10 Jam ).
3)
Untuk
mencapai jumlah kurikulum 120 jam tersebut, PMI Cabang dan Unit KSR dapat
melakukannya dengan sistim bertahap, menyesuaikan dengan ketersediaan waktu,
kemampuan personil, ketersediaan perlengkapan dan dana.
4)
PMI
Cabang hanya memberikan sertifikat dan Kartu Tanda Anggota (KTA) KSR PMI kepada
yang telah mengikuti keseluruhan paket Diklat Dasar sesuai kurikulum.
5)
Tempat
dan waktu ditentukan oleh Pengurus Cabang atau ditentukan bersama – sama dengan
Pengurus Unit KSR, lembaga , instansi atau badan swasta yang membutuhkan.
6)
Standarisasi
kurikulum pelatihan, dapat dilihat pada Modul dan Manual Pelatihan KSR terbitan
Markas Pusat PMI tahun 2007
b. Diklat KSR Spesialisasi
1)
Diklat
KSR spesialisasi dapat diikuti sesuai bakat, minat dan kemampuan anggota KSR.
2)
Untuk
mengikuti pelatihan spesialisasi, maka seorang anggota KSR wajib mengikuti beberapa
kegiatan / penugasan PMI serta tercatat aktif dalam menunjang program kegiatan
PMI selama minimal 1 tahun.
3)
Standarisasi
kurikulum pelatihan KSR, dapat dilihat pada Modul dan Manual Pelatihan KSR
terbitan Markas Pusat PMI tahun 2007.
Materi
Pelatihan
a. KSR Dasar :
1)
Gerakan
dan HPI
2)
Organisasi
PMI
3)
Kepemimpinan
4)
Pertolongan
Pertama (PP)
5)
Perawatan
Keluarga (PK)
6)
Kesja
( Metode PRS )
7)
Manajemen
Penanggulangan Bencana
8)
Asessment
9)
Pengantar
Community Based
10)
Dapur
Umum (DU)
11)
Penampungan
sementara
12)
Logistik
dan distribusi
13) TMS/ Restoring Family Link (RFL)
14) Water and sanitation (Watsan)
15) Simulasi
16) Bina Suasana
b.
KSR Spesialisasi:
1) Pertolongan Pertama (PP)
2) Perawatan Keluarga (PK)
3) Kesehatan Remaja ( PRS )
4) Psicosocial Support Program (PSP)
5)
TMS/Restoring Family Link (RFL)
6)
Water and Sanitation (Watsan)
7)
Assesment
8)
Logistik
dan distribusi
9)
Komunikasi
10)
Pengungsian
11)
SAR
12)
Dlsb
sesuai kompetensi yang dapat menunjang pelayanan PMI.
Metode
Pelatihan
Metode
yang dipakai dalam Pendidikan dan Latihan (Diklat) KSR Dasar maupun
Spesialisasi ialah metode partisipatif dengan bentuk antara lain :
a.
Ceramah
dan tanya jawab
b.
Brainstorming
c.
Studi
kasus
d. Role play
e. Diskusi
f.
Praktek
g. Outbound
h.
Penugasan
i.
Presentasi
j.
Simulasi
lapangan
Media
Pelatihan
a.
Non
projected aids (materi pelatihan) : paket diklat, buku , brosur, gambar dan lain – lain
b. Projected visual aids (media visual) : OHP, film, slide, dan lain –
lain
c. Audio aids (media audio) : radio, tape recorder, dll
d. Perlengkapan pelatihan untuk materi teknis ( PP,
PK, DU, tenda, PRS, dan lain–lain ).
Sertifikasi
a. Calon KSR PMI yang telah lulus dalam
kegiatan Pendidikan dan Pelatihan KSR Dasar berhak mendapatkan sertifikat dari
PMI Cabang.
b. Anggota KSR PMI yang telah lulus dalam kegiatan Pendidikan dan
Pelatihan KSR Spesialisasi berhak mendapatkan sertifikat spesialisasi dari PMI
Cabang/Daerah/ Pusat (disesuaikan dengan tingkatan pelaksana pelatihan)
Tanda
Spesialisasi
- Tanda Spesialisasi diberikan setelah mengikuti pelatihan Spesialisasi dan dinyatakan lulus.
- Bentuk Tanda Spesialisasi adalah PIN dan diberikan sesuai spesialisasi yang ditempuh oleh seorang anggota KSR PMI.
PenyegaranMateri
- Refreshing/ penyegaran materi diperlukan sebagai upaya untuk mengingatkan atau menyegarkan kembali materi pelatihan yang telah diperoleh dan menambah materi yang mengalami pengembangan terbaru.
- Refreshing/ penyegaran materi dilaksanakan minimal 3 - 6 bulan sekali dan dapat dilaksanakan oleh Unit KSR, PMI Cabang, Daerah, Pusat maupun Instansi terkait
- Refreshing/ penyegaran materi dapat dilaksanakan dalam bentuk pertemuan/ latihan rutin, latihan bersama/ latihan gabungan, diskusi, seminar, temu relawan, dll.
- SYLABUS KSR DASAR1. Materi Gerakan dan HPIPokok BahasanSub Pokok BahasanTujuan PembelajaranMetodologiAlokasi WaktuMediaSumber Belajar / ReferensiGerakan Palang Merah & Bulan Sabit Merah Internasional· Sejarah Gerakan Palang Merah & Bulan Sabit Merah Internasional· Komponen Gerakan· Mengetahui dan dapat menjelaskan sejarah berdirinya Gerakan dan mengetahui para tokoh pendiri Gerakan· Mengetahui tentang komponen Gerakan, peran dan mandat masing - masing komponen GerakanCeramah Curah pendapat Diskusi kelompok2 x 45’LCD/OHP Flipchart Board Bahan presentasiBuku Panduan Diseminasi 1 & 2Lambang· Sejarah lambang Palang Merah & Bulan Sabit Merah· Fungsi penggunaan lambing· Penyalahgunaan lambang· Mengetahui dan memahami sejarah dan asal usul lambang serta arti lambang· Mengetahui dan mampu membedakan fungsi lambang, baik sebagai tanda pengenal maupun tanda perlindungan· Mengetahui maksud dari penyalahgunaan lambang dan dapat mengindentifikasi berbagai penyalahgunaan lambangStudi kasus Ceramah Curah pendapat3 x 45’LCD/OHP Flipchart Board Bahan presentasiBuku Panduan Diseminasi 1 & 2Prinsip Dasar Gerakan· Definisi dan batasan norma - norma Prinsip Dasar Gerakan· Hubungan antarketujuh Prinsip Dasar Gerakan· Penerapan Prinsip Dasar Gerakan dalam aktifitas kepalangmerahan· Mengetahui dan memahami definisi dan batasan norma - norma Prinsip Dasar Gerakan serta makna dan kategori Prinsip - prinsip Dasar Gerakan· Memahami dan dapat menyebutkan prinsip substantif, turunan dan organis dalam Prinsip Dasar Gerakan serta dapat menjelaskan korelasi atau hubungan di antara ketujuh Prinsip Dasar Gerakan· Dapat menerapkan Prinsip Dasar Gerakan dalam setiap aktifitas kepalangmerahan, baik dalam situasi damai maupun konflikStudi kasus Ceramah Curah pendapat2 x 45’LCD/OHP Flipchart Board PosterBuku Panduan Diseminasi 1 & 2Hukum Perikemanusiaan Internasional
- Sejarah HPI
- Definisi dan aturan dasar serta prinsip HPI
- Konvensi Genewa dan Protokol Tambahan
- Hubungan antara HAM dan HPI serta penerapan dan pelanggaran HPI
· Mengetahui dan memahami kedudukan HPI sebagai bagian dari sejarah Gerakan dan mampu menjelaskan cikal bakal tercetusnya aturan dalam HPI· Mengetahui definisi HPI, memahami aturan dasar dan prinsip HPI· Mengetahui dan memahami Konvensi Genewa dna Protokol Tambahan serta penerapan HPI dalam konflik bersenjata· Mengetahui dan memahami hubungan HAM dengan HPI,dapat mengidentifikasi berbagai pelanggaran HPI serta mengetahui peranan Palang Merah dalam menjamin penghormatan terhadap HPIStudi kasus Ceramah Curah pendapatPemutaran Film4 x 45’LCD/OHP Flipchart BoardVideo PlayerBuku Panduan Diseminasi 1 & 2Konvensi Genewa 1949Code of Conduct dan Safer Access· Mengetahui dan memahami etika - etika dalam penyelenggaraan bantuan kemanusiaan· Mengetahui dan memahami cara bekerja yang lebih aman dalam situasi konflik/bencanaStudi kasus Ceramah Curah pendapatPemutaran Film2 x 45’LCD/OHP Flipchart BoardVideo PlayerBuku Panduan Diseminasi 1 & 2T O T A L13 X 45’1 jam = 45''
2. Silabus Organisasi Palang Merah IndonesiaPokok BahasanSub Pokok BahasanTujuan PembelajaranWaktuMetodeMediaReferensiOrganisasi PMILandasan Hukum, struktur, visi & misi dan RenstraMengetahui dan memahami landasan hukum organisasi PMI1 x 45'Ceramah, curah pendapat, diskusiLCD / OHP, Flipchart board, bahan presentasiAD / ART PMI, PP 18/1980, Per. Depkes No. 023/1072Mengetahui dan memahami hubungan antara struktur organisasi PMI dengan KSR1 x 45'Ceramah, curah pendapat, diskusiLCD / OHP, Flipchart board, bahan presentasiRenstra PMI, referensi pendukung lainnya.Mengetahui dan memahami visi dan misi PMIMengetahui dan memahami Pokok - pokok Kebijakan dan Rencana Strategis PMI tahun 2004 - 2009Peran KSR dalam organisasiHak dan kewajiban KSRMengetahui dan memahami pengertian, peran dan posisi KSR dalam organisasi PMI1 x 45'Ceramah, curah pendapat, diskusiLCD / OHP, Flipchart board, bahan presentasiAD/ART PMI, buku memperkenalkan PMIPeranan dalam Pengembangan Citra OrganisasiMengetahui dan memahami pengertian, peran dan posisi KSR dalam pengembangan sumber daya organisasi3 x 45'Ceramah, curah pendapat, diskusiLCD / OHP, Flipchart board, bahan presentasiBuku Memperkenalkan PMIPeran Relawan dalam Pengembangan Citra Organisasi1 x 45'Ceramah, curah pendapat, diskusiLCD / OHP, Flipchart board, bahan presentasiRenstra PMIPeranan dalam Pelayanan OrganisasiMengetahui dan memahami lingkup kegiatan dan pelayanan PMI , baik dimasa damai maupun di masa bencana/konflik.1 x 45'Ceramah, curah pendapat, diskusiLCD / OHP, Flipchart board, bahan presentasiAD/ART PMI, buku memperkenalkan PMI, pedoman KSRMengetahui dan memahami peranan KSR dalam pelayanan PMI, baik di masa damai maupun dimasa bencana/konflik.8x45'
3. Silabus KepeminpinanPokok BahasanSub Pokok BahasanTujuan PembelajaranWaktuMetodeMediaReferensiKepemimpinanKonsep kepemimpinanMengetahui dan memahami tentang hakekat kepemimpinan, tipe - tipe dan gaya kepemimpinan.2 x 45'Ceramah, Curah pendapat, diskusi, permainanLCD / OHP, Flipchart board, bahan presentasiModul Pelatihan Kepemimpinan PMIMotivasi, komunikasi dan kerja samaMengetahui dan memahami cara memberikan motivasi, berkomunikasi secara efektif dan bekerja sama dan membangun tim kerja.2 x 45'Ceramah, Curah pendapat, diskusi, permainanLCD / OHP, Flipchart board, bahan presentasiModul Pelatihan Kepemimpinan PMIPraktek KepemimpinanDapat mengaplikasikan hakekat dan proses kepemimpinan dalam skala kecil.6 x 45'outboundBahan - bahan untuk outbound sesuai kebutuhanBuku Panduan Pelatihan outboundDapat membangun kerja sama, berkomunikasi dan saling memberi motivasi antaranggota tim.10 x 45'
4. Silabus HIV/AidsPokok BahasanSub Pokok BahasanTujuan PembelajaranMetodologiAlokasi WaktuMediaSumber Belajar / ReferensiHIV/ AIDS· Pengertian HIV/ AIDS· Penularan dan Pencegahan HIV/ AIDS· Menjelaskan tentang HIV/ AIDS· Menjelaskan proses penularan HIV· Menjelaskan proses pencegahan HIV· Presentasi· Permainan· Curah pendapat2 x 45’SpidolFlipchartLCD/OHPMedia terkaitKESEHATAN DAN REPRODUKSI· Alat dan fungsi Reproduksi· Infeksi Menular Seksual· Menyebutkan alat reproduksi Pria dan Wanita· Menyebutkan fungsi reproduksi Pria dan Wanita· Mengetahui beberapa infeksi menular seksual· Presentasi· Curah pendapat1 x 45’SpidolFlipchartLCD/OHPMedia terkaitKEBIJAKAN DAN PERAN PMI· Kebijakan PMI· Peran PMI· Mengetahui kebijakan PMI di bidang HIV/ AIDS· Mengetahui tentang tiga pilar penanggulangan HIV/ AIDS· Mengetahui tentang GIPA Principle· Mengetahui tentang kegiatan yang berkaitan dengan HIV/AIDS· Mengetahui tentang Program Pendidikan Remaja Sebaya· Presentasi· Permainan· Curah pendapat2 x 45’SpidolFlipchartLCD/OHPMedia terkaitNote :T O T A L5 X 45’1 jam = 45''
5. Silabus PPTopikSubtopikTujuan pembelajaranMetodologiWaktuMediaReferensiDasar-dasar Pertolongan PertamaTeoriSetelah mempelajari topik ini peserta diharapkan mampu :Interactive Lecture1x 45'Buku pesertaBuku PP PMI1.1.Pengertian dasar dan tujuan Pertolongan Pertama.1.1.1.Menjelaskan pengertian dasar dan tujuan Pertolongan Pertama.WhiteboardBuku lain yang relevan :1.2.Sistem Pelayanan Gawat Darurat Terpadu1.2.1.Men jelaskan Sistem Pelayanan Gawat Darurat Terpadu dan komponennyaFaal1.3.Dasar Hukum Pertolongan Pertama1.3.1.Menyebutkan dasar Hukum Pertolongan PertamaFlipchartAnatomi1.4.Alat Perlindungan Dasar.1.4.1.Mengenali 6 Alat Perlindungan Dasar.Marker1.4.2.Menyebutkan 3 Alat Perlindungan Dasar.Paper1.5.Persetujuan tindakan pertolongan.1.5.1.Mengerti kedua macam persetujuan tindakan pertolongan.OHP1.5.2.Menyebutkan kedua macam persetujuan tindakan pertolongan.Alat peraga1.6.Kewajiban Pelaku Pertolongan Pertama.1.6.1.Menyebutkan 9 kewajiban Pelaku Pertolongan Pertama.1.7.Kualifikasi Pelaku Pertolongan Pertama.1.7.1.Menyebutkan kualifikasi Pelaku Pertolongan Pertama.1.8.Fungsi alat dan bahan PP.1.8.1.Mengetahui dan mengenali fungsi alat dan bahan PP dasarAnatomi dan Faal DasarTeoriSetelah mempelajari topik ini peserta diharapkan mampu :Interactive Lecture1 x 45'idemBuku PP PMI2.1.Pengertian anatomi dan faal.2.1.1.Menyebutkan arti anatomi dan faal.Bahan lain yang relevan2.2.Posisi anatomis dan referensi anatomis berdasarkan ke tiga bidang khayal yang membagi tubuh manusia.2.2.1.Menyebutkan posisi anatomis dan referensi anatomis berdasarkan ke tiga bidang khayal yang membagi tubuh manusia.2.3.Pembagian tubuh manusia dan bagian-bagiannya.2.3.1.Menyebutkan kelima bagian tubuh manusia dan bagian-bagiannya.2.4.Rongga dalam tubuh manusia beserta isinya.2.4.1.Menyebutkan kelima rongga yang ada dalam tubuh manusia beserta isinya.2.5.Sistem yang ada dalam tubuh manusia.2.5.1.Menyebutkan dan menjelaskan 3 sistem tubuh manusiaPenilaian PenderitaTeoriSetelah mempelajari topik ini peserta diharapkan mampu :Interactive Lecture2 x 45'Buku pesertaBuku PP PMI3.1.Penilaian pada penderita.3.1.1.Menyebutkan langkah-langkah penilaian pada penderita.Demonstration Practice2 x 45'WhiteboardBahan lain yang relevan3.2.Penilaian keadaan.3.2.1.Menyebutkan langkah-langkah dalam melakukan penilaian keadaan.Flipchart3.3.Keamanan lokasi3.3.1.Menjelaskan keadaan lokasi aman atau tidak aman untuk dimasuki.Marker3.4.Tiba di lokasi kejadian.3.4.1.Menyebutkan ke enam tindakan yang harus dilakukan setelah tiba di lokasi kejadian.Paper3.5.Sumber informasi mengenai peristiwa yang terjadi.3.5.1.Menyebutkan sekurang-kurangnya 2 sumber informasi mengenai peristiwa yang terjadi.OHP3.6.Penilaian dini.3.6.1.Menyebutkan tujuan penilaian diniAlat peraga3.6.2.Menyebutkan ke 6 langkah-langkah penilaian dini .3.6.3.Mengenali trauma signifikan dan non-signifikan pada kesan umum3.7.Pemeriksaan Fisik3.7.1.Menyebutkan pemeriksaan fisik secara sistematik pada penderita secara umum3.7.2.Menjelaskan mengenai ke 4 kelainan yang diperiksa pada pemeriksaan fisik.3.7.3.Menjelaskan pemeriksaan tanda vital pernapasan, nadi, suhu3.8.Riwayat Penderita .3.8.1.Menjelaskan bagaimana melakukan wawancara untuk mencari riwayat penderita pada berdasarkan akronim KOMPAK.3.9.Pemeriksaan Berkelanjutan3.9.1.Menjelaskan apa saja yang harus dilakukan pada pemeriksaan berkala.3.10.Pelaporan dan serah terima penderita.3.10.1.Bagaimana melakukan pelaporan dan serah terima penderita.Praktek3.11.Pengamanan lokasi kejadian.3.11.1.Mendemonstrasikan langkah-langkah pengamanan lokasi kejadian.3.12.Penilaian Dini3.12.1.Mendemonstrasikan bagaimana mendapatkan kesan umum.3.12.2.Mendemonstrasikan masing-masing penilaian ASNT3.12.3.Mendemonstrasikan Lihat, Dengar dan Rasakan untuk menilai Pernapasan3.12.4.Mendemonstrasikan penilaian sirkulasi pada penderita dengan atau tanpa respon.3.13.Pemeriksaan Fisik3.13.1.Mendemonstrasikan pemeriksaan fisik secara sistematis dan lengkap.3.13.2.Mendemonstrasikan secara benar masing-masing komponen pemeriksaan tanda vital : pernapasan, nadi, suhu3.14.Riwayat Penderita3.14.1.Mendemonstrasikan bagaimana melakukan wawancara untuk mencari KOMPAK3.15.Pelaporan3.15.1.Mendemonstrasikan bagaimana melakukan pelaporan secara lisan maupun tertulis.Bantuan Hidup DasarTeoriSetelah mempelajari topik ini peserta diharapkan mampu :Interactive Lecture2 x 45'Buku pesertaBuku PP PMI4.1.Sistem pernapasan dan sirkulasi.4.1.1.Menjelaskan secara ringkas sistem pernapasan dan sirkulasi.Demonstration Practice3 x 45'WhiteboardBahan lain yang relevan4.2.Mati4.2.1.Menjelaskan perbedaan pengertian mati klinis dan mati biologis.Flipchart4.2.2.Menyebutkan 4 tanda-tanda pasti mati.Marker4.3.Rantai Survival4.3.1.Menyebutkan ke 4 komponen rantai survival.Paper4.4.Komponen BHD4.4.1.Menjelaskan ke tiga komponen Bantuan Hidup Dasar.OHP4.5.Airway (Penguasaan Jalan Napas)4.5.1.Menyebutkan 2 macam penyebab utama sumbatan jalan napas.Alat peraga4.5.2.Menyebutkan cara membuka jalan napas.4.5.3.Menyebutkan cara memeriksa napas.4.5.4.Menyebutkan teknik untuk membersihkan jalan napas.4.5.5.Mengenali gangguan jalan napas.4.5.6.Menjelaskan perasat Heimlich pada sumbatan total4.6.Breathing (Bantuan napas)4.6.1.Menyebutkan prinsip dasar bantuan pernapasan.4.6.2.Menyebutkan 4 cara memberikan Bantuan Pernapasan.4.6.4.Menyebutkan tanda pernapasan adekuat, kurang adekuat dann tidak bernapas.4.7.Circulatory Support (Bantuan Sirkulasi)4.7.1.Menyebutkan prinsip dasar bantuan Sirkulasi.4.7.2.Menyebutkan kedalaman penekanan pada pijatan jantung luar untuk berbagai kelompok umur.4.8.Resusitasi Jantung Paru.4.8.1.Menjelaskan prinsip Resusitasi Jantung Paru.4.8.2.Menyebutkan rasio pada Resusitasi Jantung Paru.4.8.3.Menjelaskan prinsip penekanan pada Pijatan Jantung Luar.4.8.6.Menyebutkan ke enam tanda RJP dilakukan dengan baik.4.8.7.Menyebutkan sekurangnya 3 komplikasi yang dapat terjadi pada RJP.4.8.8.Menyebutkan 4 keadaan dimana tindakan RJP dihentikan.4.8.9.Menjelaskan kesalahan pada RJP dan akibatnya.Praktek4.9.Airway (Penguasaan Jalan Napas)4.9.1.Mendemonstrasikan cara memeriksa ada tidaknya pernapasan pada penderita tidak respon.4.9.2.Mendemonstrasikan cara angkat dagu tekan dahi4.9.3.Mendemonstrasikan cara melakukan posisi pemulihan.4.10.Breathing (Bantuan napas)4.10.1.Mendemonstrasikan bantuan napas teknik dari mulut ke mulut atau alat pelindung dan masker bila ada4.11.Circulatory Support (Bantuan Sirkulasi)4.11.1.Mendemonstrasikan cara menentukan dan memeriksa ada tidaknya nadi karotis.4.11.2.Mendemonstrasikan teknik kompresi dada pada penderita dewasa.4.12.Resusitasi Jantung Paru.4.12.1.Mendemonstrasikan RJP oleh satu orang penolong pada manekin dewasa.Perdarahan dan SyokTeoriSetelah mempelajari topik ini peserta diharapkan mampu :Interactive Lecture1 x 45'Buku pesertaBuku PP PMI5.1.Pengertian perdarahan5.1.1.Menjelaskan pengertian perdarahanDemonstration Practice1 x 45'WhiteboardBahan lain yang relevan5.2.Sumber perdarahan5.2.1.Menyebutkan ketiga macam sumber perdarahan.Flipchart5.3.Jenis perdarahan5.3.1.Menjelaskan 2 jenis perdarahanMarker5.4.Perdarahan dalam5.4.1.Menyebutkan kapan penolong harus mencurigai terjadinya perdarahan dalam.Paper5.5.Perdarahan luar5.5.1.Menjelaskan bagaimana melindungi diri terhadap infeksi.OHP5.5.2.Menjelaskan 3 cara bagaimana mengendalikan perdarahan luar.Alat peraga5.5.3.Menjelaskan perawatan perdarahan .5.6.Syok5.6.1.Menyebutkan pengertian syok5.6.2.Menyebutkan masing-masing kelima gejala dan tanda syok.5.6.3.Menyebutkan langkah-langkah penanganan syok.PraktekPraktek :5.7.Penanganan perdarahan luar5.7.1.Mendemonstrasikan cara menghentikan perdarahan luar.5.7.2.Menunjukkan titik-titik tekan untuk membantu menghentikan perdarahan5.7.3.Mendemonstrasikan cara perawatan perdarahan5.8.Penanganan syok5.8.1.Mendemonstrasikan langkah-langkah penanganan syok.Cedera Jaringan LunakTeoriSetelah mempelajari topik ini peserta diharapkan mampu :Interactive Lecture1 x 45'Buku pesertaBuku PP PMI6.1.Pengertian cedera jaringan lunak6.1.1.Menjelaskan cedera yang tergolong cedera jaringan lunak.Demonstration Practice3 x 45'WhiteboardBahan lain yang relevan6.2.Klasifikasi luka6.2.1.Menyebutkan 2 klasifikasi luka.Flipchart6.3.Luka terbuka6.3.1.Menyebutkan 6 macam luka terbuka.Marker6.4.Luka tertutup6.4.1.Menyebutkan 3 macam luka tertutup.Paper6.5.Penutup dan pembalut luka6.5.1.Menjelaskan apa yang dimaksud dengan penutup lukaOHP6.5.2.Menjelaskan bagaimana penggunaan penutup lukaAlat peraga6.5.3.Menyebutkan 4 fungsi penutup luka.6.5.5.Menyebutkan ketiga fungsi pembalut6.5.7.Menguasai pedoman penutupan dan pembalutan luka.6.5.8.Menjelaskan pemakaian pembalutan penekanan.6.6.Perawatan luka terbuka6.6.1.Menyebutkan langkah-langkah perawatan luka terbuka.6.7.Perawatan luka tertutup6.7.1.Menyebutkan langkah-langkah perawatan luka tertutup.6.8.Perawatan luka dengan benda asing menancap6.8.1.Menyebutkan perawatan luka dengan benda asing menancap.PraktekSetelah mempelajari topik ini peserta diharapkan mampu :6.9.Pedoman umum penutup luka dan pembalutan.6.9.1.Mendemonstrasikan pedoman umum penutup luka dan pembalutan.6.10.Penggunaan pembalut6.10.1.Mendemonstrasikan penggunaan berbagai macam pembalut pada berbagai bagian tubuh dan pada berbagai posisi tubuh.6.11.Pembalutan penekanan.6.11.1.Mendemonstrasikan pembalutan penekanan.6.12.Perawatan berbagai luka6.12.1.Mendemonstrasikan Perawatan luka terbuka.6.12.2.Mendemonstrasikan perawatan luka tertutup.Cedera Sistem Otot RangkaTeoriSetelah mempelajari topik ini peserta diharapkan mampu :Interactive Lecture1 x 45'Buku pesertaBuku PP PMI7.1.Cedera otot rangka.7.1.1.Menjelaskan apa yang termasuk cedera otot rangkaDemonstration Practice2 x 45'WhiteboardBahan lain yang relevan7.1.2.Menyebutkan pengertian patah tulangFlipchart7.1.3.Menyebutkan mekanisme penyebabnya.Marker7.2.Gejala dan tanda patah tulang7.2.1.Menyebutkan sekurangnya 4 macam gejala dan tanda patah tulang.Paper7.3.Pembagian patah tulang7.3.1.Menjelaskan 2 macam jenis patah tulang dan mengapa diadakan perbedaan tersebut.OHP7.4.Pembidaian7.4.1.Menjelaskan apa yang dimaksud dengan pembidaian.7.4.2.Menyebutkan 5 macam tujuan pembidaian.7.4.3.Menyebutkan berbagai macam bidai termasuk keuntungan dan kerugian masing-masing.7.4.4.Menyebutkan 4 pedoman umum pembidaian.7.5.Pertolongan cedera otot rangka7.5.1.Menyebutkan cara pertolongan cedera otot rangkaPraktek7.6.Pemeriksaan patah tulang7.6.1.Mendemonstrasikan pemeriksaan patah tulang.7.7.Pertolongan umum patah tulang7.7.1.Mendemonstrasikan pertolongan umum patah tulang pada tulang lengan dan tungkaiLuka bakarTeoriSetelah mempelajari topik ini peserta diharapkan mampu :Interactive Lecture1 x 45'Buku pesertaBuku PP PMI8.1.Penyebab luka bakar8.1.1.Menjelaskan 4 penyebab luka bakar.WhiteboardBahan lain yang relevan8.2.Penggolongan luka bakar8.2.1.Menyebutkan 3 macam penggolongan luka bakar.Flipchart8.3.Luas luka bakar8.3.1.Menghitung luas permukaan tubuh yang mengalami luka bakar.Marker8.4.Derajat berat luka bakar8.4.1.Menyebutkan 3 macam derajat berat luka bakar.Paper8.5.Penyulit luka bakar8.5.1.Menyebutkan beberapa faktor penyulit pada kasus luka bakar.OHP8.6.Penanganan luka bakar8.6.1.Menyebutkan langkah-langkah penanganan luka bakar.Pemindahan PenderitaTeoriSetelah mempelajari topik ini peserta diharapkan mampu :Interactive Lecture1 x 45'Buku pesertaBuku PP PMI9.1.Mekanika tubuh.9.1.1.Menyebutkan prinsip-prinsip mekanika tubuhDemonstration Practice2 x 45'WhiteboardBahan lain yang relevan9.1.2.Menjelaskan hal-hal yang harus diperhatikan pada saat memindahkan penderita.Flipchart9.2.Saat pemindahan penderita9.2.1.Mengerti kapan penderita harus dipindahkan.Marker9.3.Pemindahan darurat9.3.1.Menjelaskan kapan perlu dilakukan tindakan pemindahan darurat.Paper9.4.Pemindahan biasa9.4.1.Menjelaskan kapan dilakukan pemindahan biasa.OHP9.5.Posisi penderita9.5.1.Menyebutkan berbagai posisi penderita sesuai dengan kasus yang dihadapiAlat peraga9.6.Peralatan pemindahan penderita9.6.1.Menjelaskan beberapa peralatan pemindahan penderita.Praktek9.7.Pemindahan darurat9.7.1.Mendemonstrasikan berbagai pemindahan darurat.9.8.Pemindahan biasa9.8.1.Mendemonstrasikan berbagai pemindahan biasa.Kedaruratan MedisTeoriSetelah mempelajari topik ini peserta diharapkan mampu :Interactive Lecture1 x 45'Buku pesertaBuku PP PMI10.1.Gejala dan tanda kedaruratan medis.10.1.1.Menyebutkan gejala dan tanda kedaruratan medis umumWhiteboardBahan lain yang relevan10.2.Ayan10.2.1.Menyebutkan gejala dan tanda ayan.10.2.2.Menyebutkan penatalaksanaan ayan10.3.Pingsan10.3.1.Menyebutkan gejala dan tanda pingsan10.3.2.Menyebutkan penatalaksanaan pingsan10.4.Paparan panas10.4.1.Menyebutkan gejala dan tanda kejang panas10.4.2.Menyebutkan penatalaksanaan kejang panas10.4.3.Menyebutkan gejala dan tanda kelelahan panas10.4.4.Menyebutkan penatalaksanaan kelelahan panas10.4.5.Menyebutkan gejala dan tanda sengatan panas10.4.6.Menyebutkan penatalaksanaan sengatan panas10.5.Paparan dingin10.5.1.Menyebutkan gejala dan tanda serta penatalaksanaan kasus paparan dingin.10.5.2.Menyebutkan gejala dan tanda serta penatalaksanaan kasus paparan dingin.KeracunanTeoriSetelah mempelajari topik ini peserta diharapkan mampu :Interactive Lecture1 x 45'Buku pesertaBuku PP PMI11.1.Pengertian racun11.1.1.Menjelaskan pengertian tentang racun.WhiteboardBahan lain yang relevan11.1.2.Menjelaskan cara terjadinya keracunan pada manusia.Flipchart11.2.Cara masuk racun dalam tubuh manusia11.2.1.Menjelaskan cara masuknya racun ke dalam tubuh manusia.Marker11.3.Gejala dan tanda keracunan secara umum.11.3.1.Menyebutkan gejala dan tanda keracunan secara umum.Paper11.4.Penatalaksanaan keracunan secara umum.11.4.1.Menyebutkan penatalaksanaan keracunan secara umum.11.5.Gigitan ular11.5.1.Menyebutkan pertolongan pada gigitan ular.Triage dan Incident Command SystemTeoriSetelah mempelajari topik ini peserta diharapkan mampu :Interactive Lecture1 x 45'Buku pesertaBuku PP PMI13.1.Incident Command System13.1.1.Mengetahui dasar-dasar Incident Command SystemDemonstration Practice1 x 45'WhiteboardBahan lain yang relevan13.2.Sektor ICS13.2.1.Menyebutkan sektor-sektor dalam ICSFlipchart13.3.Triage13.3.1.Menjelaskan dasar-dasar triageMarker13.4.Metode START13.4.1.Menyebutkan metode STARTPaperPraktekOHP13.5.Simulasi start13.5.1.Mendemonstrasikan dalam satu simulasi suatu triage metode STARTAlat peragaEvaluasi14.1.Ujian TeoriMandatory1 x 45'Buku PP PMI14,2Praktek akhirDemonstration1 x 45'Bahan lain yang relevan
6. Silabus PKPokok BahasanSub Pokok BahasanTujuan PembelajaranMetodologiAlokasi WaktuMediaSumber Belajar / ReferensiDasar PK· Prinsip & sikap pelaku PK· Peralatan PKPeserta mampu :· Menjelaskan prinsip dan sikap pelaku PK· Menyebutkan peralatan PK· Ceramah· Tanya jawab· Simulasi1 x 45’· Flipchart· OHP/LCD· Spidol· Media peraga- Buku PK PMI
- Referensi terkait
Kesehatan dasar di keluarga· Kebersihan diri· Kebersihan lingkungan· Imunisasi· ASI dan giziPeserta mampu :· Menjelaskan dasar-dasar kesehatan:§ Kebersihan diri§ Kebersihan lingkungan§ Imunisasi§ ASI dan gizi· Ceramah· Tanya jawab· Praktek/simulasi1 x 45’· Flipchart· OHP/LCD· Spidol· Media peraga- Buku PK
- Referensi terkait
Perawatan orang sakitPersiapan perawatan orang sakit :· Mencuci tangan dan memakai celemek· Membersihkan dan menata tempat tidur orang sakit· Mengenal jenis pensuci hama· Mensucihamakan alat perawatan· Peserta mampu melaksanakan:§ Mencuci tangan dan memakai celemek§ Membersihkan dan menata tempat tidur orang sakit§ Mengenal jenis pensuci hama§ Mensucihamakan alat perawatan· Ceramah· Tanya jawab· Praktek/simulasi3 x 45’· Flipchart· OHP/LCD· Spidol· Media peraga- Buku PK PMI
- Referensi terkait
Pengamatan orang sakit :· Mengukur suhu tubuh,· Menghitung Denyut nadi· Frekuensi pernapasan· Membuat buku catatan penderita· Peserta mampu:§ Mengukur suhu tubuh, menghitung nadi dan pernapasan§ Membuat buku catatan penderita· Ceramah· Tanya jawab· Simulasi1 x 45’· Flipchart· OHP/LCD· Spidol· Media peraga- Buku PK PMI
- Referensi terkait
Perawatan orang sakit :a. Memelihara kebersihan mulutb. Memberikan bermacam-macam kompresc. Menyajikan makanan dan obatd. Merubah posisi orang sakite. Menolong pasien b.a.b/b.a.kf. Menolong memandikan pasien· Peserta mampu :§ Memelihara kebersihan mulut§ Memberikan bermacam-macam kompres§ Menyajikan makanan dan obat§ Merubah posisi orang sakit§ Menolong b.a.b/b.a.k§ Memandikan pasien· Ceramah· Tanya jawab· Simulasi2 x 45’· Flipchart· OHP/LCD· Spidol· Media peraga- Buku PK PMI
- Referensi terkait
Gejala penyakitGejala penyakit· Peserta mampu menjelaskan gejala:§ Diare dan dehidrasi§ Demam§ ISPA, pnemonia, TB§ BDB & PSN§ Gizi buruk· Ceramah· Tanya jawab· Simulasi1 x 45’· Flipchart· OHP/LCD· Spidol· Media peraga- Buku PK PMI
- Referensi terkait
Perawatan pada lansiaPerawatan lansia· Menjelaskan pengertian lansia· Menjelaskan tujuan perawatan lansia· Menjelaskan perubahan dan faktor yang mempengaruhi perubahan pada lansia· Melakukan pendekatan fisik, psikis· Ceramah· Tanya jawab· Simulasi1 x 45’· Flipchart· OHP/LCD· Spidol· Media peraga- Buku PK PMI
- Referensi terkait
T O T A L10 X 45’
7. Silabus Manajemen PBPokok BahasanSub Pokok BahasanTujuan PembelajaranMetodeAlokasi WaktuMediaReferensiPengantar ManajemenPBa. Pengertian Bencana, Ancaman/ Bahaya, Risiko dan KerentananSetelah proses pembelajaran Pokok Bahasan ini, pembelajar diharapkan mampu :· Menyebutkan pengertian dan perbedaan antara Ancaman dan Bencana· Menyebutkan pengertian dan perbedaan antara Resiko dan Kerentanan· Memahami hubungan antara Bencana, Ancaman, Resiko dan Kerentanan· Menyebutkan jenis-jenis Ancaman· Curah pendapat· Ceramah Informatif· Energizer· Tanya Jawab· Diskusi Kelompok(FGD).2 x 45”· White Board· Spidol· UHP· LCD· Maket/lay Out· Video Showing· Panduan PMI· Panduan IFRC· Panduan ICRC· Sphere Projectb. Siklus bencana dan phase-phase dalam menejemen bencanaSetelah proses pembelajaran topik ini, pembelajar diharapkan mampu :· Menyebutkan fase-fase tindakan dalam Manajemen PB· Menjelaskan pengertian-pengertian pokok dalam setiap phase tindakan· Mengidentifikasi tindakan-tindakan yang relevan dengan peran atau mandat PMI2 x 45”c. Pengantar tanggap darurat bencana.Setelah proses pembelajaran topik ini, pembelajar diharapkan mampu :· Mengetahui gambaran umum mengenai konsep-konsep dan tahapan dalam tanggap darurat.· Memahami prinsip-prinsip dalam tanggap darurat.1 x 45”Jumlah jam5 X 45
8. Silabus AsessmentPokok BahasanSub Pokok BahasanTujuan PembelajaranMetodeAlokasi WaktuMediaReferensiAssessmenta. Pengantar Assessmentb. Pelaksanaan Assessmentc. Jenis-jenis Assessmentd. Rapid AssessmentSetelah proses pembelajaran topik ini, pembelajar diharapkan mampu :· Memahami dan mengerti Assessment· Memahami jenis assessment dalam siklus penanggulangan bencana· Dapat melakukan assessment cepat (rapid assessment)§ Ceramah Informatif.§ Egergizer§ Diskusi§ Curah Pendapat.§ Berbagi Pendapat.· Focus Group Discussion (FGD).· Bermain Peran4 x 45§ Video§ Whiteboard§ Spidol§ OHP/LCD§ Flipchart§ Form Assessment§ PanduanPMI§ Panduan IFRC§ Panduan ICRC§ Sphere ProjectJumlah jam4 X 45
9. Silabus Penampungan SementaraPokok BahasanSub Pokok BahasanTujuan PembelajaranMetodeAlokasi WaktuMediaReferensiPenampungan Sementaraa. Definisi Penampungan Sementarab. Pengorganisasian penampungan sementarac. Peryaratan dan jenis-jenis penampungan sementarad. Perencanaan dan Pelaksanaan Penampungan SementaraSetelah proses pembelajaran topik ini, pembelajar diharapkan mampu :§ Mengetahui definisi dan tujuan Penampungan Sementara§ Mengetahui pengorganisasian penampungan sementara§ Mengetahui persyaratan dan jenis penampungan sementara§ Dapat menyelenggarakan penampungan sementara· Ceramah· Diskusi Kelompok· Presentasi· Energiser· Tanya-jawab· Table Top Excercise5 x 45’Papan Flipchart,Spidol,Lay out/Maket· Panduan PMI· Panduan IFRC· Panduan ICRC· Sphere ProjectJumlah jam5 X 45
10. Silabus DUPokok BahasanSub Pokok BahasanTujuan PembelajaranMetodeAlokasi WaktuMediaReferensiDapur Umuma. Pengertian Dasarb. Organisasi dan pembagian tugasc. Penyusunan menu sederhanad. Pelaksanan Dapur UmumSetelah proses pembelajaran topik ini, pembelajar diharapkan mampu :§ Mengerti dan memahami Dasar-Dasar penyelenggaraan Dapur Umum§ Mampu menjelaskan strukutur dan organisasi Dapur UMUM§ Mampu menyusun menu Dapur Umum secara sederhana§ Mampu merencanankan dan melaksanakan Dapur UmumCeramah Informatif.DiskusiCurah Pendapat.Berbagi Pendapat.Focus Group Discussion (FGD).Tanya-jawabTable Top Excercise3 x 45VideoWhiteboardSpidolOHP/LCDFlipchartKalkulatorPanduam PMIReferensi terkait lainnyaSphere ProjectJumlah jam3 X 45
11. Silabus LogistikPokok BahasanSub Pokok BahasanTujuan PembelajaranMetodeAlokasi WaktuMediaReferensiPengantar Logistik dan Distribusie. Pengertian Definisi Logistikf. Komponen Komponen Logistikg. Mengenal Formulir pergudanganSetelah proses pembelajaran Pokok bahasan ini, pembelajar diharapkan mampu :§ Menjelaskan pengertian/definisi logistik PMI§ Menjelaskan komponen-komponen logistik PMI§ Memahami formulir yang digunakanpada pergudanganCeramah Informatif.Diskusi kelompokCurah Pendapat.Discussion (FGD).Tanya-jawabEnergizer Excercise2 x 45VideoWhiteboardSpidolOHP/LCDFlipchartKalkulatorDokumentasiKegiatan logistic, Formulir pergudangan- Kebijakan & Renstra PMI di bidang TD- Kebijakan IFRC dibidang TD- Diktat dan modul pelatihan dasar logistic- Panduan ICRS- Panduan IFRCa. Prinsip prinsip distribusib. Merencanakan Distribusi ada saat bencanac. Mengenal Formulir DistribusiSetelah proses pembelajaran Pokok bahasan ini, pembelajar diharapkan mampu :§ Menjelaskan pengertian/definisi Distribusi§ Menjelaskan prinsip-prinsip distribusi§ Merencanakan dan melaksanakan tahap-tahap distribusi secara sederhanaMemahami formulir yang digunakan pada saat distribusiCeramah Informatif.Diskusi kelompokCurah Pendapat.Discussion (FGD).Tanya-jawabEnergizer Excercise3 x 45VideoWhiteboardSpidolOHP/LCDFlipchartKalkulatorDokumentasiKegiatan Distribusi, Formulir DistribusiJumlah jam5 X 45
12. Silabus TMS/RFLPokok BahasanSub Pokok BahasanTujuan PembelajaranMetodeAlokasi WaktuMediaReferensiPengenalan & Dasar-Dasar TMS/RFLa) Pengantar TMS/RFLb) Dasar hukum RFLc) Tugas-tugas TMSd) Praktek pengisian formulir TMS§ Memahami latar belakang§ diselenggarakannya kegiatan tracing§ Memahami dasar hukum RFL§ Memahami tugas-tugas TMS§ Dapat mengisi formulir-formulir TMSPartisipatifBrainstormingEnergizerDiskusiKerja Kelompok5 x 45WhiteboardSpidolLCDFlipchartVideoForm TMSPeralatan EnergizerManual TMSManual ICRCManual lainnyaJumlah jam5 X 45
13. Silabus WatsanPOKOK BAHASANSUB POKOKBAHASANTUJUAN PEMBELAJARANMETODEWAKTU(Menit)MEDIA
PERAGA
WatSan kondisi Bencanaa. Pengertian WatSanb. Tujuan dan Latar Belakanga. Memahami tujuan dan latar belakang diperlukan pelayanan watsan pada saat bencanaCeramahCurah Pendapat Tanya JawabDiskusi kelompok2 X 45’
· Flipchart· Slide OHP/LCD· Spidolc. Pelayanan Fase Daruratb. Mengetahui kegiatan apa yang harus dilakukan pelayanan watsan fase daruratd. Penyakit Yang berhubungan dengan WatSanc. Mengetahui jenis-jenis penyakit yang berhubungan dengan watsane. Jenis Fasilitas WatSand. Mengetahui jenis dan fasilitas WatSanWatSan Kondisi Normal : Pengantar PHASTa. Pengertian pendekatan
partisipatif
a. Memahami pengertian pengertian pendekatan partisipatifCeramahCurah Pendapat Tanya JawabDiskusi kelompok2 X 45’
· poster-poster/gambar yang tidak terangkai dalam serial· isolasi/perekat· peniti, jarum isolasi/perekatb. Pengertian PHAST
b. Memahami pengertian PHASTc. Tujuan PHASTc. Memahami tujuan PHASTd. Tahapan-tahapan PHASTd. Memahami tahapan PHAST
14. Silabus Community BasedPOKOK BAHASANSUB POKOKBAHASANTUJUAN PEMBELAJARANMETODEWAKTU(Menit)MEDIA
PERAGA
Pengertian & Konsep Pendekatan Berbasis Masyarakata. Pengertian, Tujuan, Sasaranb. Kebijakan PMI dan IFRC dalam program yang berbasis masyarakatc. Lingkup Kegiatand. Tahapan Pelaksanaan kegiatan Berbasis Masyarakate. Contoh-contoh kegiatan berbasis masyarakata. Peserta mengetahui pengertiasn , tujuan dan sasaran kegiatan berbasis masyarakatb. Peserta mengetahui kebijakan PMI dan IFRC dalam mengembangkan program yang berbasis masyarakatc. Peserta mengetahui lingkup kegiatan berbasiskan masyarakatd. Peserta dapat menjelaskan tahapan pelaksanaan kegiatan berbasis masyarakate. Peserta mampu menyebutkan dan menjelaskan contoh-contoh program PMI yang berbasis masyarakatCeramahCurah Pendapat Tanya JawabDiskusi kelompok2 X 45’
· Flipchart· Slide OHP/LCD· Spidol· Pamphlet/brosur kegiatan PMI berbasis masyarakatTeknik Dasar Penyuluhana. Pengertian penyuluhanb. Metode Penyuluhanc. Tekhnik dasar penyuluhan kepada masyarakata. peserta mengetahui dan menjelaskan pengertian penyuluhanb. peserta mengetahui berbagia metode dan media penyuluhanc. peserta mengetahui dan memraktekkan tekhnik dasar penyuluhan kepada masyarakatCeramahCurah Pendapat Tanya JawabDiskusi kelompokRole Playing3 X 45’
· Flipchart· Slide OHP/LCD· Spidol
Tidak ada komentar:
Posting Komentar